Ini Alasan Lewis Hamilton Tidak Kena Penalti Menahan Pembalap Tim Red Bull di Kualifikasi F1 Hongaria 2021

Fendi - Minggu, 1 Agustus 2021 | 17:45 WIB

Max Vertappen dan Lewis Hamilton usai kualifikasi F1 Hongaria 2021 di Hungaroring (Fendi - )


GridOto.com – Lewis Hamilton lolos dari hukuman karena menahan pembalap tim Red Bull di kualifikasi F1 Hongaria 2021. Ini alasan mengapa pembalap tim Mercedes itu tidak menerima penalti.

Pada detik-detik terakhir kualifikasi F1 Hongaria 2021 di Hungaroring, Sabtu (31/7), Lewis Hamilton melaju pelan di depan Max Verstappen dan Sergio Perez.

Atas strateginya itu, kedua pembalap tim Red Bull itu tidak bisa mengalahkan Lewis Hamilton yang mraih pole position ke-101.

Dikutip GridOto.com dari gpblog.com, jika mengacu pada Sporting Regulations, Peraturan 27.4 berlaku untuk situasi ini: "Mobil tidak boleh dikendarai dengan lambat, tidak menentu, atau dengan cara yang dapat dianggap berpotensi berbahaya bagi pengemudi lain atau orang lain."

Jadi mengemudi lambat yang tidak perlu dapat dikenakan penalti.

Nah, di Formula 1 ini sering menjadi penalti grid mundur  tiga tempat posisi start.

Di beberapa event, di mana ada kemungkinan besar iring-iringan di sektor terakhir selama kualifikasi, FIA menetapkan bahwa outlap pengemudi harus diselesaikan dalam waktu tertentu.

Race director Michael Masi tidak mengomunikasikan hal ini dalam briefing pembalap di Hungaroring dan karena itu harus dibuktikan bahwa Hamilton tiba-tiba secara signifikan lebih lambat di lap yang dimaksud daripada outlap sebelumnya atau outlap pada umumnya pembalap lain.

Baca Juga: Raih Pole Position F1 Hongaria 2021, Lewis Hamilton Diejek Penggemar Max Verstappen

Baca Juga: Pembalapnya Sengaja Ditahan Lewis Hamilton Agar Gagal Cetak Laptime Bagus, Begini Tanggapan Tim Red Bull Racing

Di media sosial, tim Mercedes menjelaskan bahwa Hamilton tidak melakukan kesalahan.

Melihat data, klaim tim tampaknya benar.