Ternyata Ini Kelebihan Pasang Slang Radiator Aftermarket di Mesin Motor

Muhammad Farhan - Senin, 5 Juli 2021 | 12:10 WIB

Selang radiator diganti pakai Samco, bebas pilih warna sesuai selera (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Kalian pilih yang mana? Ini kelebihan dan kekurangan pasang slang radiator aftermarket yang tersedia di pasaran di mesin motor.

Baik slang radiator aftermarket atau bawaan motor sebenarnya punya fungsi yang sama, yaitu sebagai penghubung aliran cairan pendingin antara mesin dan radiator.

Biar jelas, berikut ini penjelasannya mengenai produk slang radiator aftermarket yang kini menjadi pilihan menarik bagi bikers.

“Selain tersedia dalam pilihan warna yang lebih banyak, secara kualitas material umumnya slang radiator aftermarket dibuat lebih baik dari slang radiator bawaan motor,” jelas Benny Saputra, owner bengkel One3 Motoshop di Tangerang, Banten.

Baca Juga: Selain Kerikil, Ini Yang Menyebabkan Kisi-kisi Pada Radiator Penyok

Salah satu produk slang radiator yang populer adalah merek Samco sport, terbuat dari bahan silikon sebanyak tiga lapis yang strukturnya diperkuat dengan benang poliester.

Slang radiator tersebut juga sudah dirancang sedemikian rupa sehingga lebih tahan panas dan tidak mudah robek jika seandainya motor terjatuh.

Fariz/otomotifnet.com
Ilustrasi slang radiator standar bawaan motor

“Sebagai perbandingan, slang radiator bawaan motor umumnya hanya terdiri dari satu atau dua lapis sehingga tentu lebih tipis dan tidak sekuat buatan aftermarket,” lengkapnya.

Kekurangannya, slang radiator aftermarket adalah banyak beredar palsunya dengan harga jauh lebih murah dari produk yang asli.

Baca Juga: Kapan Air Radiator Motor Harus Dicek dan Diganti? Ini Anjuran Bengkel Resmi