Awas Macet! Pemerintah Prediksi Arus Balik Lebaran Jatuh Tanggal Segini

M. Adam Samudra - Sabtu, 15 Mei 2021 | 09:01 WIB

Penyekatan kendaraan yang masih coba mudik (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Mulai H+2 (16 Mei 2021) atau di hari ke-11 masa peniadaan mudik, diprediksi akan terjadi peningkatan arus pergerakan masyarakat pasca Lebaran.

Untuk itu, Pemerintah tengah menyiapkan sejumlah antisipasi diantaranya dengan melakukan penyekatan dan mengimbau kepada masyarakat utuk tidak melakukan perjalanan di hari yang sama.

“Ada preferensi masyarakat untuk melakukan pergerakan pada hari Minggu tangal 16 Mei 2021," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Sabtu (15/5/2021)

Menurut Budi, pengendalian transportasi di sektor darat tantangannya lebih besar dibandingkan sektor lainnya, karena potensi masyarakat yang ingin mudik di sektor darat ini tinggi sekali.

Baca Juga: Biar Enggak Salah Kaprah, Menhub Beberkan Alasan Mengapa Pemerintah Melarang Mudik Lebaran

Oleh karenanya apa yang dilakukan rekan-rekan petugas di lapangan baik dari TNI, Polri, Dishub, KKP, Satgas, dan unsur terkait lainnya adalah suatu hal yang perlu diapresiasi.

"Kesabaran para petugas dalam menangani masyarakat pengguna transportasi darat pun sudah dilakukan dengan baik,” ujar Budi.

"Karena dengan adanya sinergi antar Kementerian dan Lembaga ini memberikan satu warna yang baik dan kekompakan dalam menjalankan kebijakan ini,” sambungnya.