Beli Oli Mesin Motor Secara Online, Begini Cara Periksa Keasliannya

Muhammad Farhan - Kamis, 29 April 2021 | 10:40 WIB

Kode autentikasi produk di kemasan botol oli mesin motor (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Beli oli mesin motor secara online, begini cara yang bisa kalian lakukan untuk periksa keaslian produk yang ditawarkan.

Dibandingkan beli oli mesin motor dengan mendatangi toko atau bengkel, kalian memang enggak bisa lihat langsung barangnya kalau membeli secara online.

Menurut penjual oli mesin motor yang punya toko fisik dan online, ternyata salah satu caranya bisa lihat di deskripsi produk yang ditawarkan.

“Perlu waspada kalau penjual malah mencantumkan deskripsi kode keaslian produk oli yang dijual sudah diverifikasi sebelum barang dikirim ke pembeli,” ungkap Chandra, pemilik toko oli Sentra Otomotif, Jelambar, Jakarta Barat.

Baca Juga: Awas! Ini Dampaknya Kalau Tutup Oli Motor Tidak Terpasang Benar

Cara tersebut diakui merupakan trik yang biasa digunakan oknum penjual oli mesin kendaraan untuk menutupi produk oli palsu.

“Hal tersebut menjadi indikasi kuat bahwa oli yang ditawarkan adalah oli palsu, sebab proses verifikasi hanya boleh dilakukan oleh pembeli,” jelasnya.

Farhan
Kode autentikasi produk di kemasan oli mesin berupa QR code

Nah pada saat oli mesin sudah kalian terima dari penjual, pastikan kode autentikasi masih tertutup segel atau belum pernah di input sebelumnya.

“Jika saat diperiksa menunjukkan bahwa kode autentikasi sudah terverifikasi lebih dari satu kali, kemungkinan oli yang dibeli palsu karena merupakan hasil salinan dari yang asli,” lengkap Chandra.

Baca Juga: Ini Efek Negatifnya Buat Rantai yang Sering Dilumasi Pakai Oli Bekas