Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awas! Ini Dampaknya Kalau Tutup Oli Motor Tidak Terpasang Benar

Muhammad Farhan - Rabu, 28 April 2021 | 10:40 WIB
Bekas cipratan oli mesin akibat dipstik tidak terpasang benar
Radityo Herdianto
Bekas cipratan oli mesin akibat dipstik tidak terpasang benar

GridOto.com – Awas bahaya! Ini dampaknya kalau dipstik alias tutup lubang pengisian oli mesin di motor tidak terpasang benar dan rapat.

Dipstik tutup oli biasanya dilepas pasang ketika ingin mengecek sisa volume oli di mesin atau saat mengisi oli mesin baru di motor.

Meskipun kedengarannya sepele, dipstik oli yang tidak terpasang dengan semestinya bakal berdampak buruk bagi motor dan pengendaranya.

“Oli mesin bisa menyembur keluar atau kotoran bisa masuk ke celah lubang pengisian oli mesin. Tentu berbahaya dan bisa merusak,” ujar Adi Prasodjo, kepala bengkel Yamaha Dinamika Motor, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga: Ini Alasan Mekanik Merendam Kampas Kopling dengan Oli Sebelum Dipasang

Pada saat motor dalam kondisi mesin hidup, oli mesin bersirkulasi ke seluruh celah dan bagian di dalam untuk melumasi komponen mesin.

Ketika ada celah akibat dipstik terpasang kendur, oli mesin yang panas bisa menyembur keluar dan mengenai kaki pengendara dan mengotori motor.

Ulir dipstik oli mesin slek akibat ditutup paksa
Radityo Herdianto
Ulir dipstik oli mesin slek akibat ditutup paksa

“Selain bisa melukai pengendara jika sampai terkena oli panas, jika debu dan kotoran sampai masuk ke celah dipstik berisiko dapat mengakibatkan kerusakan serius bagi mesin,” jelasnya.

Nah supaya hal tadi enggak terjadi, pasang dipstik tutup oli motor harus dilakukan dengan cara diputar perlahan hingga rapat.

Baca Juga: Motor Habis Turun Mesin Perlu Isi Oli Lebih Banyak, Mitos atau Fakta?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa