BRT Bandung Raya Bakal Beroperasi Layaknya TransJakarta, Diharapkan Mampu Mengurai Kemacetan

Dia Saputra - Rabu, 3 Maret 2021 | 14:20 WIB

Ilustrasi. Bus Damri. (Dia Saputra - )

GridOto.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) akhirnya siap mengembangkan sistem angkutan umum berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) di wilayah Bandung Raya.

BRT Bandung Raya kabarnya akan beroperasi layaknya TransJakarta dengan memiliki shelter dan jalur sendiri, sehingga diharapkan dapat mengurai kemacetan yang terjadi.

Melansir TribunJabar.idproyek pembangunan BRT atau lebih sering disebut busway ini akan menggandeng Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang.

Langkah ini dilakukan, karena pergerakan masyarakat pada lima Kabupaten dan kota di Bandung Raya tersebut sangat ramai.

Baca Juga: Intip Spesifikasi Higer, Bus Listrik Asal China yang Diuji Coba TransJakarta

"Pergerakan orang di Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang sangat luar biasa. Ada sekitar 10 juta penduduk yang bermukim di lima daerah itu," kata Setiawan Wangsaatmaja, Sekertaris Daerah Jawa Barat dikutip dari TribunJabar.id.

"Dengan adanya kesepakatan, kolaborasi, pengembangan dan pengelolaan, BRT bisa berjalan dengan optimal," lanjutnya.

Setiawan menerangkan, pengembangan BRT merupakan langkah yang tepat untuk mendukung pengembangan ekonomi pelayanan dasar, melalui pembangunan infrastruktur perkotaan dan memenuhi kebutuhan angkutan orang di Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung.

"Detail Engineering Design (DED) dari BRT Bandung Raya segera dibuat," pungkasnya.

Baca Juga: Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran Puluhan Bangkai Bus Transjakarta di Bogor

Dengan adanya BRT Bandung Raya, ia pun berharap kemacetan yang sering terjadi bisa teratasi dan mampu mengurangi polusi udara.

Selain itu, ia juga berharap masyarakat Bandung Raya masih memiliki minat yang tinggi untuk menggunakan transportasi umum.

"Dalam pengelolaan yang sifatnya lintas itu betul-betul harus ada kerja sama dengan baik. Tidak hanya masalah transportasi, tetapi juga air bersih, sampah, dan apapun yang terkait Cekungan Bandung pastinya harus dikelola secara bersama," tuturnya. 

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul BRT Bandung Raya Akan Beroperasi Mirip TransJakarta, Diharap Bisa Kurangi Macet