Simpel, Begini Cara Bersihkan Sokbreker Motor yang Terendam Banjir

Muhammad Farhan - Selasa, 23 Februari 2021 | 16:40 WIB

Cuci semua bagian sokbreker motor hingga tidak ada kotoran yang mengendap (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Simpel dan bisa dikerjakan sendiri di rumah, begini cara membersihkan sokbreker motor yang habis terendam banjir.

Walau sokbreker termasuk komponen yang kuat dan tidak rentan rusak sekalipun habis terendam banjir, kondisinya juga perlu diperhatikan agar tetap awet dan berfungsi baik.

Enggak perlu bingung, berikut ini cara yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan sokbreker motor yang habis terendam banjir menurut salah satu bengkel spesialis sokbreker motor.

“Sehabis motor terendam banjir, segera cuci sokbreker depan dan belakang pakai air bersih hingga tidak ada kotoran yang menempel,” terang Romandono, pemilik bengkel Joko Shock Jaya, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Sok Upside Down Jadi Tren di Motor Sport Baru, Ini Kelebihannya

Sebab, selama tidak ada kebocoran pada sil sok, air dan kotoran tidak akan masuk ke bagian dalam sokbreker, jadi tidak perlu lakukan pembongkaran.

Pada saat membersihkannya pun perlu diperhatikan, sebab kalau salah langkah akibatnya justru malah berisiko merusak komponen peredam guncangan tersebut.

Harun
Motor terendam banjir

“Saat membilas dan mengelap bagian batang as sokbreker, usapkan menjauh dari bagian sil sok dan lakukan secara perlahan,” jelasnya.

Hal ini bertujuan agar sil sok terhindar dari risiko kemasukan debu dan kotoran sekaligus mencegah batang as sokbreker tergores.

Baca Juga: Mau Setting Sokbreker Motor? Pahami Dulu Istilah Dan Fungsi Ini