Menyikapi Influencer Salah Hitung Realisasi PPnBM Nol Persen, Begini Tanggapan Daihatsu

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 19 Februari 2021 | 21:14 WIB

Daihatsu Xenia (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Pemerintah berencana memberikan insentif penurunan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru hingga 0 persen, yang akan dimulai pada 1 Maret 2021 mendatang.

Menanggapi hal itu, Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) belum bisa memberikan hitungan untuk penurunaan harga mobil baru yang akan mendapatkan insentif PPnBM dari pemerintah.

Namun disisi lain, Amelia menyayangkan lantaran ada beberapa influencer memberikan informasi yang salah terkait hitungan dan kategori kendaraan yang mendapatkan insentif PPnBM.

"Ada beberapa reviewer yang mengitung dan salah. Misalnya, mereka menghitung LCGC ada PPnBM 3 persen jadi ada relaksasi, padahal saat ini LCGC dan kendaraan komersial seperti pick-up dan blind van sudah 0 persen. Jadi ada beberapa informasi yang salah," ujar Amelia dalam konferensi pers virtual Daihatsu, Jumat (19/02/2021).

Baca Juga: Tunggu Insentif PPnBM Nol Persen, Dealer Sebut Banyak Konsumen yang Menunda Pembelian Mobil Baru

Amelia membeberkan untuk mobil Daihatsu yang mendapatkan insentif PPnBM 0 persen antara lain Xenia, Terios, Luxio dan Gran Max minibus.

"Yang kena itu model Xenia, Terios, Luxio dan Gran Max. Untuk Sirion, Ayla, Sigra, pikap dan blind van tidak ada bedanya. Mau membeli sekarang atau bulan depan tetap sama karena PPnBM sudah 0 persen," terang Amelia.

Untuk saat ini, pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) mengenai realisasi penurunan PPnBM.

Sehingga, diharapkan dalam waktu dekat bisa memberikan informasi terkait penurunan harga mobil tersebut

Baca Juga: Apa Imbas Adanya Diskon PPnBM Terhadap Industri Otomotif? Begini Kata Pengamat Ekonomi