Tunggu Insentif PPnBM Nol Persen, Dealer Sebut Banyak Konsumen yang Menunda Pembelian Mobil Baru

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 18 Februari 2021 | 20:50 WIB

Ilustrasi Nissan Livina (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Pemerintah berencana untuk memberikan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) mobil baru hingga 0 persen, yang dimulai pada 1 Maret 2021 mendatang.

Alhasil, rencana tersebut membuat konsumen yang penasaran langsung menanyakan insentif PPnBM ke dealer untuk memastikan kebenarannya.

Sehingga pada akhirnya, konsumen yang tadinya hendak melakukan pembelian mobil baru memilih untuk menunda hingga bulan depan.

Hal ini diungkapkan Junaidi, selaku Sales Supervisor dealer Nissan Warung Buncit, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Ingat Ya! Potongan Pajak PPnBM Untuk Mobil VIN 2021 Saja

"Banyak yang menanyakan (insentif PPnBM), konsumen lebih memilih menunda sampai bulan depan," ujarnya kepada GridOto.com, Kamis (18/02/2021).

Junaidi mengungkapkan, alasan konsumen lebih memilih menunda membeli mobil hingga Maret 2021 nanti karena menunggu insentif PPnBM resmi diterapkan.

"Jadi konsumen yang ingin membeli mobil saat ini banyak yang menunda karena asumsi mereka harga akan dikurangi PPnBM dan belum termasuk diskon," terang Junaidi.

"Contoh harga mobil Rp 200 juta, hitungan kasar PPnBM 10 persen jadi Rp 20 juta. Ditambah lagi diskon dari dealer Rp 10 juta, jadi Rp 170 juta jadi asumsi customer seperti itu," sambungnya.