Mengenal Fungsi Battery Management System di Motor Listrik, Penting?

Mohammad Nurul Hidayah - Rabu, 17 Februari 2021 | 19:40 WIB

Motor listrik Budi Luhur - Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) (Mohammad Nurul Hidayah - )

Gridoto.com - Pasti diantara kalian ada yang penasaran dengan fungsi komponen battery management system (BMS) di motor listrik.

Seiring dengan semakin banyaknya kendaraan listrik yang mulai dipasarkan, pasti banyak bikers yang penasaran dengan fungsi komponen di motor listrik yang tidak ditemui di mesin bensin.

Salah satunya adalah komponen battery management system yang merupakan salah satu komponen inti di kendaraan listrik.

Lalu apa sih sebenarnya fungsi dari battery management system yang berbentuk seperti lempengan part elektronik di motor listrik?

Baca Juga: Charge Motor Listrik Ditinggal Tidur Bikin Baterai Rusak, Mitos Atau Fakta?

Amazon.in
Ilustrasi komponen battery management system

"Battery management system ini adalah komponen yang melindungi dan mengatur siklus kerja battery di kendaraan listrik," ucap Sujono M.T. selaku Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur.

"Paling sederhana, fungsi battery management system ini untuk mencegah terjadinya overcharge dan overdischarge pada baterai," tambahnya.

Selain itu, battery management system pada kendaraan listrik bisa juga melindungi baterai dari suhu yang terlalu tinggi.

Pada beberapa baterai, jika sudah mencapai suhu tertentu yang ditentukan, battery management system akan mengintruksikan kipas agar menyala untuk membantu mendinginkan baterai.