Seken Keren: Kunci Perawatan Transmisi Otomatis dan Manual Honda CR-V Generasi Ketiga, Ada yang Minim Perawatan Sob!

Harun Rasyid - Minggu, 14 Februari 2021 | 19:00 WIB

Honda CR-V gen 3 tahun 2007 (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Honda CR-V generasi ketiga harga bekasnya kini ada di kisaran Rp 100 juta hingga Rp 170 jutaan, mengusung transmisi otomatis 6-percepatan dan manual 5-percepatan.

Medium SUV lansiran 2007 hingga 2012 ini tersedia dalam pilihan mesin 2.000 cc dan 2.400 cc, yang mana keduanya sudah mengusung teknologi i-VTEC.

Namun khusus varian bermesin 2.400 cc, Honda CR-V generasi ketiga di pasar mobil bekas hanya tersedia transmisi otomatis.

Dwi Irfan Wahyudi, selaku Owner bengkel Irfan Auto pun membagikan tips bagaimana cara perawatan yang sesuai bagi yang mengincar Medium SUV bertransmisi otomatis tersebut. 

Baca Juga: Seken Keren: Kaki-kaki Honda CR-V Kura-kura Mudah Sakit, Ini Sebab dan Solusinya Dari Bengkel Spesialis

"Transmisi otomatis konvensional di CR-V model lama ini bandel dan enggak terlalu bermasalah. Kunci perawatannya ganti oli jangan telat dan pakai spek ATF-Z1 atau ATF DW-1," kata pemilik bengkel spesialis Honda di Depok, Jawa Barat ini kepada GridOto.com, Jumat (12/2/2021).

Irfan menjelaskan, Honda CR-V generasi ketiga yang cukup berumur membuat bengkelnya tidak lagi mengikuti standar penggantian oli yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Istimewa
Irfan Auto, spesialis Honda dan bengkel rujukan komunitas Honda Elysion


"Ganti oli matic sebaiknya per 20 ribu kilometer (Km). Tujuannya jika pemiliknya lupa atau telat ganti, oli dan transmisi masih aman sampai di 30 ribu Km," papar Irfan lagi.

"Sebab, di bengkel resmi sarannya malah per 40 ribu Km dan itu kurang bagus karena CR-V (generasi ketiga) tergolong mobil berumur," jelasnya.