Seken Keren: Jangan Beli Hyundai H-1 Bekas Sebelum Tahu Cara Ini, Bengkel Spesialis Kasih Bocoran

Harun Rasyid - Sabtu, 6 Februari 2021 | 18:01 WIB

Ilustrasi Hyundai H-1 (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Dengan harga Rp 120 juta hingga Rp 200 jutaan, Hyundai H-1 bekas tahun 2011 hingga 2013 tergolong menarik bagi yang membutuhkan MPV premium berkabin lapang.

Jika dirasa kurang suka dengan mesin bensin 2.400 cc miliknya, Hyundai H-1 facelift ini juga punya varian mesin diesel 2.500 cc berteknologi common rail dan Variable Geometry Turbo (VGT).

Dengan desain mengotak yang minimalis namun manis, Hyundai H-1 yang sudah dirakit di Tanah Air ini juga masih nampak keren dari sisi eksterior dan interiornya.

Namun sebelum memboyong unitnya, Boy Hendri selaku Owner bengkel spesialis Hyundai Garasi 30 di Jakarta Selatan mengatakan, calon pemiliknya perlu teliti mengecek bagian tertentu pada mesinnya.

Baca Juga: Seken Keren: Hyundai H-1 Facelift, Rival Toyota Alphard Yang Harga Pasarannya Mulai Rp 100 Jutaan!

"Pembeli H-1 itu banyak yang melirik versi mesin dieselnya. Karena itu yang perlu dilakukan coba buka tutup olinya saat mesin hidup, kalau muncrat ke atas ini karena kompresinya sudah bocor dan menyebabkan oli keluar," ujarnya saat ditemui GridOto.com, Kamis (4/2/2021).

Boy menyebut, hal yang harus diperhatikan saat membeli Hyundai H-1 bekas adalah dengan menengok warna asap gas buangnya.

Harun/GridOto.com
Ilustrasi mesin diesel Hyundai H-1 lawas


"Saat mesin H-1 digas, jika keluar asap ngebul putih itu jangan diambil karena harus turun mesin. Tapi kalau asapnya ngebul hitam pekat, itu karena injector-nya kotor, sudah rusak atau lemah karena pakai BBM yang kurang sesuai. Tapi kalau asapnya hitam tipis enggak masalah," sebutnya.

Baca Juga: Hyundai H-1 Kena Diskon Hingga Puluhan Juta, Harga Varian Termurah Jadi Rp 400 Jutaan