Mau Asuransikan Kendaraan? Wajib Tahu Dulu Nih Bedanya Asuransi TLO dan Comprehensive

Muhammad Rizqi Pradana - Kamis, 7 Januari 2021 | 20:30 WIB

Mau beli asuransi kendaraan tapi bingung pilih yang mana? Ada TLO dan Comprehensive, ternyata ini bedanya. (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Mengasuransikan mobil atau motor menjadi salah satu cara terampuh untuk meminimalisir kerugian materiil jika terlibat kecelakaan lalu lintas.

Maklum kecelakaan lalu lintas adalah peristiwa yang kadang tidak bisa dihindari sebagai pengguna jalan.

Nah, kalau sobat sedang mencari asuransi kendaraan kemungkinan besar akan bertemu dengan dua istilah yaitu TLO dan Comprehensive.

Iwan Pranoto selaku SVP Communication, Event & Service Management Asuransi Astra mengatakan, keduanya merupakan jenis asuransi kendaraan.

Baca Juga: Benarkah Tak Punya SIM Klaim Asuransi Tidak Bisa? Ini Penjelasan Polisi dan Jasa Raharja

"Asuransi kendaraan sendiri ada dua jenis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive," jelasnya kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan bahwa asuransi kendaraan TLO akan meng-cover kerusakan senilai 75 persen atau lebih dari harga asli kendaraan tersebut.

"Misalnya mobil anda harganya Rp 100 juta, lalu tabrakan dan ketika dihitung biaya perbaikannya Rp 75 juta, itu namanya total loss," jelasnya.

Akan tetapi, asuransi TLO tidak akan bisa diklaim, apabila nilai kerusakannya kurang dari 75 persen dari harga kendaraan tersebut.