Jalan Tol Medan-Binjai Seksi I Dioperasikan Selama Libur Akhir Tahun 2020, Bisa Lewat Secara Gratis, Sampai Kapan?

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 24 Desember 2020 | 18:45 WIB

Jalan Tol Medan-Binjai Seksi I Tanjung Mulia-Marelan dioperasikan selama Libur Akhir Tahun 2020. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - PT Hutama Karya (Persero) sudah mengoperasikan Jalan Tol Medan-Binjai Seksi I Tanjung Mulia-Marelan, Sumatera Utara (Sumut) sepanjang 4,2 km, Rabu (23/12/2020).

Rencananya ruas jalan tol ini hanya dioperasikan sementara selama Libur Akhir Tahun 2020 saja, yakni sejak 23 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 mendatang.

"Kami mulai sejarah di Sumut terkoneksi dengan jalan tol. Dari Binjai nanti langsung bisa dilalui ke arah Kualanamu dan Tebing Tinggi," ucap Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA, Agus Tripriyono, dikutip dari Tribun-medan.com, Rabu (23/12/2020).

Ia berharap dengan dioperasikannya Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1 Tanjung Mulia-Marelan bisa membantu menggerakkan perekonomian di Sumut.

Baca Juga: Jasa Marga Beberkan Permasalahan Kepadatan Lalin di Tol Jakarta Cikampek KM 48 - KM 50, Ternyata Karena Ini

Tidak hanya itu, akses menuju sejumlah wilayah diharapkan jadi semakin mudah dengan hadirnya ruas tol ini.

"Juga mengurangi beban jalan. Mudah-mudahan truk-truk besar yang melintasi jalan arteri bisa melintasi jalan tol ini. Sehingga beban yang dipikul oleh jalan arteri jadi berkurang," jelasnya.

Selama kurang lebih dua minggu beroperasi, masyarakat diperbolehkan melintasi Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1 Tanjung Mulia-Marelan secara gratis.

"Tapi hanya dari Marelan ke Tanjung Mulia (dan sebaliknya)," jelas Agus.

Lalu ruas jalan tol tersebut akan ditutup aksesnya pada 4 Januari 2021 pukul 18.00 WIB mendatang guna dipersiapkan untuk pembukaan secara resmi di awal 2021.

Baca Juga: Ada Rekayasa Lalu Lintas di Tol Jakarta-Cikampek untuk Urai Kepadatan, Ini Dia Titiknya