Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2021, Petugas Gabungan Lakukan Uji Coba Arus Lalu Lintas di Exit Tol Solo-Ngawi via Kebakkramat

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 16 Desember 2020 | 14:09 WIB

Uji coba arus lalu lintas pda exit tol Solo-Ngawi di Kebakkramat, Selasa (15/12/2020) lalu. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Sejumlah petugas gabungan dari PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN), Polres Karanganyar dan Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan uji coba arus lalu lintas pada exit Tol Solo-Ngawi via Kebakkramat, Selasa (15/12/2020) lalu.

Langkah uji coba dilakukan guna mendapat gambaran untuk memperlancar situasi arus lalu lintas selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2021 mendatang.

Manajer Pengendalian Operasi PT JSN, Imam Zakarsih mengatakan, dalam uji coba tersebut juga dilakukan pembukaan traffic light di exit tol Kebakkramat.

Traffic light ini diharapkan bisa memperlancar arus lalu lintas menuju Karanganyar dan Sragen, Jawa Tengah dari Tol Solo-Ngawi.

Baca Juga: Terungkap! Masih Ada Warga Terdampak Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Solo Belum Dapat Uang Ganti Rugi, Ini Penjelasannya

Mengingat sebelumnya kendaraan dari Tol Solo-Ngawi menuju Karanganyar dan Sragen harus berputar balik melalui simpang empat Kebakkramat.

"Dengan adanya traffic light, kami dapat mengoneksikan antara jalan tol dengan jalan nasional, yakni Jalan Raya Solo-Sragen," ujar Imam, dikutip GridOto.com dari Tribunsolo.com.

Rencananya, petugas gabungan melakukan uji coba traffic light di exit tol Kebakkramat selama seminggu ke depan.

"Kami harap masayarakat yang melintasi exit tol Kebakkramat agar senantisa berhati-hati dan memperlambat laju kendaraan karena masih dalam masa percobaan," sebut Imam.

Baca Juga: Mau Lewat Tol Cipali Saat Libur Tahun Baru? Dua Waktu Ini Diyakini Jadi Puncak Lonjakan Kendaraan yang Melintas, Awas Terjebak Macet!

Sementara itu, Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lalu Lintas Polres Karanganyar, Ipda Anggoro menuturkan bahwa petugas dari Satlantas siap mendukung pembukaan traffic light exit tol Kebakkramat.

Sejumlah petugas juga akan disiapkan untuk mengawasi serta mengevaluasi jalur lalu lintas antara provinsi itu.

"Kami minta agar banyak melakukan penyesuaian selama evaluasi ke depannya. Karena banyak truk yang melintas dan para karyawan yang pulang dari pabrik juga sering melewati jalur ini," kata Anggoro.

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Panduan Pemudik di Exit Tol Solo-Ngawi via Kebakkramat Sragen, saat Libur Natal & Tahun Baru 2021