Ada Masalah Pengereman, Hyundai Recall Puluhan Ribu Unit Kona dan Nexo di Korea Selatan, Indonesia Termasuk?

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 9 Desember 2020 | 15:40 WIB

Puluhan ribu unit Hyundai Kona dan Nexo di pasar Korea Selatan kena recall. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Hyundai Motor Company (HMC) adakan program pemanggilan kembali untuk perbaikan atau recall terhadap 50.864 unit mobil konsumennya di Korea Selatan.

Recall ini berlaku pada 40.726 unit Hyundai Kona Hybrid dan Electric yang diproduksi selama periode Mei 2019 hingga November 2020.

Selain itu, sebanyak 10.138 unit Hyundai Nexo dengan tahun produksi Januari 2018 hingga November 2020 juga ikut di-recall.

Melansir Reuters.com, program ini dilakukan setelah Hyundai mendapat laporan terkait masalah pada sistem pengereman karena adanya malfungsi pada perangkat lunak dari kedua model tersebut.

Baca Juga: Ratusan Unit Hyundai Kona EV Kena Recall, Terdapat Masalah Pada Baterainya?

Beruntung, dalam laporan yang diterima Hyundai tidak disebutkan bahwa masalah ini dapat menyebabkan kecelakaan fatal di jalan raya.

Selain itu, belum diketahui secara pasti apakah recall mengenai masalah pengereman ini nantinya juga berlaku untuk model kendaraan yang telah dipasarkan ke negara lainnya.

Mengingat Hyudai Kona Electric juga sudah dipasarkan di Indonesia sejak November 2020 lalu.

Sebelumnya, pihak Hyundai juga sudah melakukan langkah recall pada 74.000 unit Kona Electric secara global.

Langkah tersebut dilakukan karena muncul sejumlah laporan terkait Hyundai Kona Electric yang terbakar di Korea, Kanada dan Eropa selama dua tahun terakhir.