Dorong Perubahan Lingkungan Lewat Program Langit Biru, Kenapa Pertamina Ogah Beri Diskon Harga Pertamax? Ini Jawabannya

Harun Rasyid - Selasa, 1 Desember 2020 | 20:05 WIB

Pertalite harga khusus (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Lewat program Langit Biru, PT Pertamina (Persero) memberikan diskon untuk setiap pembelian BBM jenis Pertalite yang tadinya Rp 7.650 menjadi Rp 6.450.

Adapun program ini ditujukan bagi para sopir angkutan umum pelat kuning dan pengguna kendaraam roda dua atau motor.

Tujuan diadakannya program Langit Biru agar pemilik kendaraan lebih peduli lingkungan, dengan meninggalkan BBM jenis Premium yang memiliki Research Octane Number (RON) 88.

Tapi jika program ini bertujuan mengurangi pencemaran udara akibat pemakaian BBM oktan rendah, kenapa Pertamina tidak langsung saja memberikan diskon harga Pertamax yang memiliki RON 92?

Baca Juga: Karena Program Langit Biru Harga Pertalite Turun Rp 1.200 di Tiga Wilayah Ini, Jadi Berapa?

"Pertalite dipilih Pertamina sebagai program Langit Biru karena saat ini standar oktan minimum pabrikan motor dan mobil adalah RON 90 atau 91," ujar Putut Andriatno, Corp. Secretary Pertamina Patra Niaga, Sub. Holding Commercial and Trading, Selasa (1/12/2020).

Ia menyebut, Pertamax saat ini belum bisa menjadi target utama untuk mendorong masyarakat beralih ke BBM yang berkualitas.

Ivan Casagrande Momot
Ilustrasi Pertamax

"Karena alasan standar pabrikan, Pertalite adalah jenis BBM kami dengan RON yang paling sesuai atau mendekati. Di mana target kami adalah memberikan edukasi kepada konsumen yang sering memakai Premium," jelas Putut.

"Makanya BBM yang kami berikan harga khusus bukan Pertamax, melainkan Pertalite," tutupnya.