Perbandingan Lampu Halogen, HID dan LED, Mana Yang Paling Baik?

Harun Rasyid - Sabtu, 4 Juli 2020 | 14:22 WIB

Lampu LED hexagonal ala BMW pada Suzuki Ertiga (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Perkembangan zaman membuat jenis lampu kendaraan terus berkembang dari Halogen, High Idensity Discharge (HID) hingga yang terbaru yaitu Light Emiiting Diode (LED).

Nah, dari 3 lampu ini, jenis mana sih yang paling baik untuk kendaraan?

Arief Hidayat, CEO PT Welty Indah Perkasa (Wealthy Group) mengatakan, lampu kendaraan yang penerangannya paling baik adalah LED.

"LED lebih terang daripada HID atau Halogen. LED umurnya juga lebih panjang bisa 50 ribu jam, HID cuma 3 ribu jam. Karena itu LED adalah langkah besar di dunia otomotif," ujar Arief dalam diskusi virtual 'How To Choose the Quality Automotive Bulbs', Jumat (3/7/2020).

Baca Juga: Headlamp LED Buat Motor Ini Dibanderol Rp 18 Juta, Apa Kelebihannya?

Arief menyebut, lampu halogen yang merupakan jenis lawas, masih mengandalkan bohlam seperti lampu pijar, sedangkan HID sudah menggunakan filament dan tabung pijar.

"Lampu halogen maksimum itu 75 watt. Jika ada 100 watt karena perkembangan teknologi. Tapi jika watt-nya terlalu besar bisa memotong umur lampu. Lampu memang jadi sangat terang, namun umurnya jadi lebih pendek," sebutnya.

Istimewa
Watt dari lampu mobil jenis Halogen, LED dan HID.


Sedangkan cara kerja lampu HID disebut Arief, mirip dengan lampu petromaks.

"HID ini seperti lampu petromaks, jadi saat dinyalakan awalnya sangat terang kemudian lama-lama redup. Hal ini karena adanya lompatan api. Tapi keunggulan HID dibanding Halogen adalah wattnya yang lebih kecil," terangnya.

Baca Juga: Ingin Ganti Lampu Mobil Halogen dengan HID? Ketahui Dulu Hal Ini