Modifikasi Audio MINI Cooper, Referensi Sistem Standar Internasional

Radityo Herdianto - Kamis, 18 Juni 2020 | 16:00 WIB

Reference Car Sistem Audio Garapan Cartens Autosound dan Audio Plus Indonesia (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Bengkel spesialis audio Cartens Autosound bekerja sama dengan Ground Zero Germany dan Audio Plus Indonesia membangun sebuah MINI Cooper 5-Door 2017 sebagai referensi sistem audio dengan standar internasional.

Audio MINI Cooper 5-Door 2017 ini mengacu pada tiga standar dari pihak Ground Zero Germany, Audio Plus Indonesia dengan standar Asia, dan Cartens Autosound sebagai instalatur di Indonesia.

"Head unit masih bawaan mobil karena secara fitur sudah cukup mumpuni, optimalisasi suara audio fokus di perangkat seperti speaker, amplifier, subwoofer, prosesor, dan kabel audio," tekan Andreas Tjahjadi, CEO PT Audio Plus Indonesia kepada GridOto.com.

Sistem audio yang digunakan mobil ini adalah 2-Way, menggunakan sepasang speaker tweeeter wide band Ground Zero GZPF 40SQ dan sepasang speaker mid-woofer Ground Zero GZPK 16SQ.

Audio Plus Indonesia
Speaker Mid-Woofer Ground Zero GZPK 16SQ

Baca Juga: Audio Plus Indonesia Luncurkan Produk Peredam Mobil, Tawarkan Keunggulan Selain Meredam Suara

"2-Way dipilih karena mengingat luas area kabin yang kecil sehingga sudah cukup optimal, kalau pakai 3-Way dikhawatirkan terlalu banyak rentang frekuensi yang dihasilkan banyak speaker dan terjadi bentrok pantulan suara," tekan Andreas.

Pemasangan tweeter diletakan pada pilar A mobil dengan dudukan berbahan aluminium, serta pemasangan speaker mid-woofer dibuat dudukan baru di posisi dekat door pocket tanpa mengubah dudukan speaker bawaan mobil.

"Tweeter nantinya fokus untuk menghasilkan frekuensi tinggi seperti vokal atau melodi nada tinggi di atas 2.000 Hz, sedangkan frekuensi mid-range dibatasi di mid-woofer di rentang 70 Hz sampai 2000 Hz untuk memadatkan suara," ujar Andreas.

Untuk menghasilkan dentuman efek bass supaya suara yang dihasilkan lebih tebal, digunakan speaker subwoofer pasif Ground Zero GZPW 10SQ berukuran 10 inci yang dipasang di area bagasi mobil dan menghadap ke atas agar pantulan suara langsung menyebar ke seluruh kabin mobil.