Gelar Balapan di Masa Pandemi Covid-19, F1 Mengubah Drastis 3 Kegiatan Ini

Muhammad Rizqi Pradana - Senin, 15 Juni 2020 | 22:18 WIB

Formula One Management (FOM) selaku badan penyelenggara F1 akan mengubah beberapa prosesi kegiatan saat menggelar balapan mereka. (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Setelah libur 3 bulan akibat pandemi Covid-19 atau virus Corona, F1 kini bersiap untuk menggelar balapan pertama di kalender balap F1 2020 baru Juni nanti.

Tapi bukan hanya merubah susunan kalender, Formula One Management (FOM) selaku badan penyelenggara F1 juga harus mengubah beberapa cara F1 menggelar balapan mereka.

Ross Brawn, selaku Managing Director F1 mengatakan, ada beberapa kegiatan yang harus berubah dalam penyelenggaraan balapan mereka agar tetap bisa berjalan dengan aman dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Grid yang penuh dengan orang tidak lagi bisa menjadi bagian dari balapan F1,” ujarnya dikutip GridOto.com dari Formula 1 (15/6/2020).

Baca Juga: Max Verstappen Sayangkan Gelaran Balap F1 2020 Tanpa Penonton

Ia mengatakan, kegiatan-kegiatan yang prosesinya akan mereka berikan ubahan adalah selebrasi podium, seremoni di grid sebelum balapan, serta parade pembalap.

Untuk selebrasi podium, Brawn mengatakan bahwa pihaknya mempertimbangkan untuk melakukan selebrasi tersebut tanpa pembagian piala.

“Kami tidak bisa menempatkan seseorang dekat-dekat dengan para pembalap untuk mempersembahkan piala,” ujarnya.

Salah satu cara yang sudah terpikirkan oleh FOM adalah untuk menjejerkan mobil para pemenang di grid, dan menyuruh para pembalap untuk berdiri di depan mobil mereka.masing-masing.