Bukan Cuma Karena Pandemi, Astra Honda Motor Ungkap Alasan Lain Anjloknya Penjualan Motor Domestik Awal Tahun Ini

Muhammad Rizqi Pradana - Kamis, 11 Juni 2020 | 21:00 WIB

Bukan cuma karena pandemi Covid-19, PT Astra Honda Motor (AHM) beberkan alasan anjloknya penjualan motor di tahun 2020 (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Pandemi Covid-19 atau virus Corona yang tengah melanda berdampak pada penurunan pasar kendaraan roda dua di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Johannes Loman, selaku Executive Vice President PT Astra Honda Motor (AHM).

“Total market diperkirakan akan turun 40 hingga 45 persen (dibandingkan tahun lalu), jadi kira-kira akan di angka 3,6 hingga 3,9 juta unit,” ujarnya dalam acara conference call AHM (11/6/2020).

Pria yang juga Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) itu mengatakan, penurunan tersebut disebabkan oleh banyak hal, meskipun pandemi Covid-19 tetap menjadi sumber permasalahan utama.

Baca Juga: Pasar Motor Turun 45 Persen Karena Pandemi Covid-19, Astra Honda Motor Koreksi Target Penjualan

“Kebijakan PSBB akibat pandemi membuat masyarakat tidak bisa beraktivitas, perekonomian yang melambat juga berpengaruh,” ujar Loman.

Harga berbagai komoditas yang sedang tidak pasti juga berpengaruh, seperti anjloknya harga minyak dunia beberapa waktu lalu.

Namun ia mengatakan, salah satu alasan terbesar pihaknya percaya jumlah penjualan motor akan terpangkas setengahnya tahun ini adalah para lembaga pembiayaan.

Thomas Wijaya, selaku Marketing Director AHM menjelaskan, banyak lembaga pembiayaan menetapkan kriteria pemberian kredit yang lebih ketat akibat kondisi ekonomi saat ini.