Street Manners: Inilah 2 Metode Memutar Setir Mobil yang Benar

Dylan Andika - Jumat, 29 Mei 2020 | 14:00 WIB

Ilustrasi mengemudikan mobil (Dylan Andika - )

GridOto.com – Ada banyak sekali aspek yang mempengaruhi keselamatan berkendara, salah satunya adalah teknik olah kemudi atau memutar setir yang benar.

Memutar setir dengan teknik yang benar tidak hanya memudahkan pengemudi untuk mengendalikan kendaraan dengan sempurna baik dalam kondisi normal maupun darurat, tapi juga mengurangi risiko cedera saat kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang cara memutar setir atau olah kemudi yang benar, GridOto.com bertanya kepada Adrianto Sugiarto Wiyono, Dosen Transportasi Politeknik APP Jakarta yang juga Senior Instructor Indonesia Defensive Driving Centre (IDDC) (25/5).

Advertorial
Ilustrasi belok

(Baca Juga: Street Manners: Perbedaan Cara Memegang Setir Zaman Dulu dan Sekarang)

“Prinsip olah kemudi adalah jangan sampai apa yang kita lakukan dalam olah kemudi itu justru mempersulit manuver kita dan membahayakan kita sendiri,” buka Adrianto.

“Secara umum, teknik olah kemudi yang aman ada dua, yaitu pull and push dan hand over hand,” sambungnya.

Kedua teknik tersebut tidak hanya mempermudah pengemudi dalam memutar setir, tapi juga memungkinkan tangan kita terlepas dengan mudah dan tidak tersangkut di setir dalam kondisi darurat misalnya saat terjadi tabrakan.

Metode putar setir pull and push

(Baca Juga: Street Manners: Inilah 4 Kebiasaan Memutar Setir yang Keliru)