Otojadul: Siapa Sangka, Suzuki Indonesia Pernah Punya Pabrik Terbesar Keempat di Asia Tenggara!

Fendi - Jumat, 22 Mei 2020 | 21:00 WIB

Suzuki membuka pabrik baru di Tambun, Bekasi pada 1991 (Fendi - )


GridOto.com – PT Suzuki Indomobil Motor yang sebelumnya bernama PT Indomobil Suzuki International, sekitar 29 tahun lalu memiliki pabrik terbesar keempat di Asia Tenggara. Simak ulasannya di Otojadul berikut ini.

Pabrik yang dimaksud adalah pabrik komponen kendaraan roda empat seluas 36.000 meter persegi, berlokasi di Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

“Barangkali, inilah pabrik komponen kendaraan roda empat terbesar di Asia Tenggara,” kata Soebronto Laras, dikutip dari tabloid OTOMOTIF edisi No.2/I, Senin, 20 Mei 1991.

Itu dikatakan Soebronto Laras saat pembukaan pabrik baru Indomobil Suzuki Internasional, bulan Mei 1991.

Baca Juga: Ada Lonjakan Besar Pembelian Lewat Aplikasi, Suzuki Jamin Ketersediaan Suku Cadangnya Aman

Ketika itu Soebronto Laras memangku jabatan Direktur Utama PT Indomobil.

Selain membuat komponen kendaraan, pabrik baru di Tambun ini juga memproduksi Suzuki Futura dan Suzuki Esteem.

Tabloid OTOMOTIF
Pabrik kendaraan Suzuki roda empat

Investasi yang ditanam untuk pabrik baru baru di Tambun ini tidak tanggung-tanggung, sebesar 85 juta dolar Amerika Serikat.

GridOto.com mencari tahu, kurs dolar Amerika terhadap rupiah pada 1991, sekitar Rp 1.977. Jadi saat itu investasinya sebesar Rp 168 miliar.

Kalau dikonversi dengan kurs saat ini, 1 dolar Amerika = Rp 14.858 pada hari Jumat (22/5/2020), maka investasi itu nilainya Rp 1,2 triliun.

Ketika itu, rencananya pabrik di Tambun mempekerjakan 500 tenaga kerja yang diharapkan dapat memproduksi 100 ribu unit kendaraan Suzuki roda empat setiap tahunnya.