Daihatsu Masih Bersyukur Meskipun Jualan Mobilnya Terjun Bebas April Ini, Kenapa?

Muhammad Rizqi Pradana - Kamis, 14 Mei 2020 | 21:33 WIB

Mendukung imbauan pemerintah di tengah krisis Covid-19, Daihatsu meluncukan produk terbarunya di youtube Daihatsu Sahabatku. (DOK. Humas Daihatsu) (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Tidak ada yang bisa menampik lesunya pasar otomotif Indonesia di tengah terjangan pandemi Covid-19 atau virus Corona.

Itu juga yang dirasakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), yang hanya bisa mencatatkan angka penjualan retail sebesar 5.200 unit dan wholesales sebesar 1.300 unit pada April 2020.

Hal itu diungkapkan Hendrayadi Lastiyoso, selaku Marketing and CR Division Head Astra International-Daihatsu Sales Operation pada conference call sore tadi (14/05/2020).

“Bulan ini juga mencatatkan posisi market terendah yang saya rasakan selama ini, hanya sekitar 24,3 ribu unit retail sales dari seluruh pabrikan.,” ujarnya.

Baca Juga: Meski Penjualan April 2020 Anjlok, Pangsa Pasar Daihatsu Naik Menjadi 18,2 persen

Jumlah tersebut menandakan penurunan penjualan retail mobil keseluruhan pasar otomotif Indonesia sebesar 59,8 % dibandingkan Maret lalu, yang ada di sekitar 60,4 ribu unit.

“Daihatsu sendiri mengalami penurunan sebesar 52,9 % untuk retail sales dan 92,9 % untuk wholesales,” tambahnya lagi.

Meskipun mengalami penurunan yang signifikan, pria yang akrab disapa Hendra ini mengatakan bahwa pihaknya tetap gembira dengan angka tersebut.

Pasalnya, penurunan penjualan yang mereka catatkan masih lebih sedikit dibandingkan persentase penurunan penjualan yang dicatatkan oleh market secara keseluruhan.

Baca Juga: Gara-gara Rupiah Anjlok, Harga Mobil Baru Daihatsu Naik Hingga Rp 2,1 Juta