Panggilan Kemanusiaan, Pengusaha Apparel Riding Buat APD dan Masker Berbahan Waterproof

Harun Rasyid - Kamis, 16 April 2020 | 21:15 WIB

Irfan Arifahni di toko A1AM Gear miliknya (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Lama berbisnis apparel untuk keperluan riding, Irfan Arifahni berinisiatif membuat Alat Perlindungan Diri (APD) untuk para tenaga medis.

Irfan selaku owner dari brand apparel A1AM Gear dan X-Road mengaku prihatin dengan keselamatan rekannya yang berprofesi sebagai dokter.

"Awalnya bikin APD itu dari masker dulu, gara-gara harga masker medis waktu itu mahalnya luar biasa. Istri saya dan rekan-rekan karena ingin melakukan donasi, akhirnya saya bereksperimen dengan bahan yang saya miliki," ujar Irfan, Kamis (16/4/2020).

"Untuk baju APD, karena saya prihatin dengan teman-teman tenaga medis kok malah pakai jas hujan sama baju berbahan spunbound. Sementara spunbound ini biasa dipakai untuk goody bag," katanya lagi kepada GridOto.com.

Baca Juga: Dolar Naik, Harga Apparel dan Helm Impor Diperkirakan Ikut Melonjak Sampai 20 Persen

Menurut Irfan, kedua bahan tersebut tidak aman dan bahkan tidak nyaman dipakai untuk kegiatan kerja para tenaga medis.

"Karena dua bahan tersebut memang tidak sesuai standar kesehatan, akhirnya karena saya ada bahan yang nyaman dan basicnya waterproof. Setelah saya telaah ternyata bahan Dupont Tyrex ini aman untuk dijadikan APD," jelas Irfan.

Istimewa
Baju APD dan masker buatan Irfan Arifahni


Sebagai mantan dokter umum, Irfan menyatakan hal ini ia lakukan karena panggilan kemanusiaan.

"Bicara keuntungan, pasti lebih untung buat jaket daripada APD. Tapi saya gak mikirin itu lagi, akhirnya setelah APD jadi saya sumbangkan ke beberapa rumah sakit di Sumbawa, Makassar, RS THT Jakarta dan untuk di Wisma Atlet," ungkap Irfan yang dulu bekerja sebagai dokter selama 6 tahun.

Baca Juga: Lawan Covid-19, KTCI Chapter Jakarta Raya Sumbang APD dan Sembako untuk Pemadam Kebakaran

Selain baju APD, Irfan juga berhasil membuat masker dengan bahan yang mumpuni.