Pergi Liburan Jarak Jauh, Awas Kena Pembekuan Darah, Solusinya Bisa Lakukan Hal Ini

Harun Rasyid - Senin, 30 Desember 2019 | 14:55 WIB

Ilustrasi berkendara (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Momen libur akhir tahun kerap dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata ke luar kota, dari yang memakai transportasi umum sampai mobil pribadi.

Bagi yang menempuh jarak jauh seperti antar kota atau provinsi, jangan sampai melupakan kondisi kesehatan.

Sebab berbagai masalah kesehatan bisa muncul saat perjalanan, salah satunya trombosis atau pembekuan darah.

Wisnu Dwi Santoso selaku Penanggung Jawab Modalitas Fisioterapi Rumah Sakit Hermina Galaxy, Bekasi mengatakan terlalu lama duduk dalam kendaraan membuat aliran darah tidak lancar.

(Baca Juga: Jalur dari Pantura ke Dieng Via Bawang Sudah Mulus, Bisa Jadi Alternatif Buat Liburan Akhir Tahun)

"Kalau untuk yang naik mobil dan duduk terlalu lama biasanya tulang punggung dan tulang pinggang akan terasa nyeri. Itu karena kekurangan cairan dan suplai oksigen," kata Wisnu kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Menurut Wisnu, tidak bergerak terlalu lama dalam kendaraan dapat mengakibatkan pembekuan darah pada vena bagian dalam di kaki atau dikenal dengan deep vein thrombosis (DVT).

"Dalam waktu 90 menit saja kaki tidak bergerak bisa menyebabkan aliran darah tidak lancar," ucapnya, Minggu (23/12/2018).

"Jadi paling tidak harus meluruskan kaki. Setiap dua jam sekali harus bergerak supaya aliran darahnya kembali normal," jelasnya lagi.

(Baca Juga: Agar Aman Dalam Berkendara, Perhatikan Lima Hal Berikut Sebelum Liburan Akhir Tahun)

Wisnu menambahkan, untuk menghindari trombosis, bisa melakukan peregangan kaki saat berhenti di rest area.

"Peregangan bisa dilakukan dengan gerakan memutar-mutar pergelangan kaki, mengangkat paha, berdiri, atau berjalan-jalan. Bahkan senam ringan jugq bisa dilakukan ketika di dalam kendaraan," tutupnya.