Kepolisian Cek Jalur Trans Jawa Jelang Libur Nataru 2020, Begini Skema Penanganan Kemacetan

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 10 Desember 2019 | 12:45 WIB

Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol Istiono, mendengarkan paparan kesiapan jalur tol dan pantura di gerbang tol Brebes Timur, Senin (9/12/2019). (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020, Kakor Lantas Mabes Polri, Irjen Pol Istiono melakukan pengecekan kesiapan infratrukstur jalan Tol Trans Jawa maupun jalur nasional Pantura.

"Semua kondisi jalan untuk menghadapi arus mudik balik Natal dan tahun baru di Jawa Tengah sudah siap," kata Irjen Pol Istiono, dikutip dari TribunJateng.com, Senin (9/12/2019).

Selain itu, Istiono menyatakan, seluruh pekerjaan jalan berupa perbaikan maupun pembangunan harus sudah selesai, maksimal 20 Desember.

Agar tak mengganggu arus mudik libur Nataru, hal tersebut berlaku baik jalan nasional, jalan tol maupun jalan provinsi.

(Baca Juga: BPJT Sebut Tol Manado-Bitung Bisa Digunakan Fungsional Saat Libur Natal dan Tahun Baru)

"Semua harus sudah clear," tegas Istiono.

Pihaknya telah mengantisipasi jika terjadi kemacetan di jalur tol Trans Jawa khususnya di Jawa Tengah dengan menyiapkan skema penanganannya.

Nantinya, kendaraan dari Jakarta ke Jawa Tengah, akan dikeluarkan ke Exit Tol Pejagan.

"Kendaraan dari Jakarta ke Pejagan memang diharapkan keluar di Pejagan. Jika terjadi antrean, dikeluarkan ke Brebes Barat dan Timur dan seterusnya kalau perlu sampai Kalikangkung," paparnya.

Sedangkan untuk arus mudik yang akan menuju selatan atau Purwokerto, katanya, kondisi jalan juga sudah bagus.