Recall Daihatsu Gran Max dan Luxio, Setang Piston Putus di Bagian Ini

Ryan Fasha - Selasa, 5 November 2019 | 13:00 WIB

Bagian batang setang piston mengalami kerja beban tinggi (Ryan Fasha - )

Gridoto.com - Ada 36.915 unit Daihatsu Luxio dan Daihatsu Gran Max bermesin 3SZ-VE 1.500 cc di Indonesia produksi Maret 2018–April 2019 yang di-recall oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

PT ADM melakukan recall karena mendeteksi adanya potensi keretakan atau patah pada connecting rod atau setang piston (setang seher dalam bahasa bengkel) Daihatsu Luxio dan Daihatsu Gran Max bermesin 3SZ-VE 1.500 cc di Indonesia.

"Tekanan berlebih pada setang piston ini saat proses forging di pabrik pembuatnya sehingga berpotensi terjadi keretakan bahkan patah saat digunakan," jelas Anjar Rosjadi, Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor saat dihubungi GridOto.com terkait isu recall ini (2/11).

PT ADM sendiri telah menemukan kasus terkait setang piston Daihatsu Luxio dan Daihatsu Gran Max bermesin 3SZ-VE 1.500 cc yang di-recall ini. 

"Sampai saat ini pihak Daihatsu sudah menemukan 6 kasus kerusakan setang piston di Gran Max 1.5L dan Luxio, 5 mengalami setang piston putus dan satu keretakan di setang piston," lanjut Anjar.

Dok. Otomotif Group
Daihatsu Luxio

(Baca Juga: Recall Daihatsu Gran Max dan Luxio, 36.915 unit Kena Gara-gara Ini)

Pada bagian setang piston mana yang berpotensi mengalami keretakan atau bahkan sampai putus?

Pada umumnya setang piston mobil dibagi dalam tiga bagian, yaitu poros big end, batang setang piston, dan poros pin piston.

"Kejadian setang piston yang putus terjadi pada bagian batang setang piston, bagian poros pin piston dan bagian big end tidak ada masalah," ungkap Anjar.