Baru 60 Persen Penggantian Inflator Airbag, Honda Minta Konsumen dari 9 Mobil Ini Segera ke Bengkel Resmi

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 22 Oktober 2019 | 15:19 WIB

Ilustrasi. Airbag di Setir Honda Accord (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) meminta beberapa konsumennya yang belum melakukan pergantian komponen Inflator Airbag, untuk segera mendatangi bengkel resmi.

Pasalnya sampai dengan September 2019 ini, Honda baru melakukan perbaikan komponen tersebut sebanyak 362.854 unit, atau sekitar 60 persen dari jumlah keseluruhan yang harus dilakukan perbaikan sebanyak 606.726 unit komponen.

"Kampanye ini merupakan bagian dari upaya kami untuk selalu memastikan kendaraannya berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi," ujar Denny MT, selaku Service & Parts Asst. General Manager HPM, Selasa (22/10/2019).

"Mengingat pentingnya program ini, kami meminta konsumen yang kendaraannya teridentifikasi untuk segera membawa mobilnya ke bengkel resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen," sambungnya dalam siaran resmi Honda.

(Baca Juga: Brosur Honda Jazz 2020 Bocor, Ini Penampakan Mobilnya. Keren Enggak?)

Kampanye perbaikan atau recall ini sejatinya sudah berjalan sejak Mei 2013, sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya airbag mengembang secara berlebih (over deployment).

Hal itu akibat tekanan gas yang berlebihan dalam komponen Inflator Airbag, sehingga berpotensi mengakibatkan cedera serius dan/atau kematian pengemudi dan/atau penumpang depan pada saat terjadi kecelakaan.

Adapun lama pengerjaannya, Denny menjelaskan bahwa pergantian komponen tersebut tidak akan menghabiskan banyak waktu.

Selain itu, pemilik kendaraan juga tidak dibebankan biaya pergantian alias gratis.

(Baca Juga: Honda 'Blue Bird' Jazz Street Racing Anak Kuliahan, Kok Keren Gini?)