Gantian Buat DKI Jakarta Siap-siap Daftar Mudik Gratis, Ini Syaratnya

Ilham Fariq M - Senin, 15 April 2019 | 16:30 WIB

Ilustrasi suasana mudik (Ilham Fariq M - )

GridOto.com- Siap-siap buat Sobat perantau di DKI Jakarta, karena Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan membuka mudik gratis 2019 pada Jumat (19/4/2019), melalui akses online di https://mudikgratis.jakarta.go.id.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyatakan akan menyiapkan 1.200 bus pada angkutan lebaran Juni 2019 nanti.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan jumlah tersebut naik 11% dibandingkan jumlah tahun lalu 1.073 bus.

Dari 1.200 bus tersebut, 970 di antaranya digunakan untuk arus mudik dan 230 sisanya digunakan untuk arus balik.

(Baca Juga : Siap-siap, Pendaftaran Mudik Gratis di Jawa Timur Dibuka Sebentar Lagi)

Pendaftaran mudik gratis belum dapat dilakukan sekarang lantaran pihak Dishub DKI Jakarta masih melakukan tahap penyempurnaan untuk website pendaftaran serta melakukan uji coba.

"Masih ada beberapa penyempurnaan teknis di aplikasinya karena baru ini kali pertama kita menyelenggarakan. Kontrak aplikasi juga baru minggu lalu maka pembuatan aplikasinya ini terus terang kerja cepat dan masih trial and error," ucap Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub DKI Jakarta Masdes Arouffy di kantor Dishub DKI Jakarta, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Masdes menyebut, keseluruhan pendaftaran mudik gratis 2019 harus dilakukan secara online dan tidak bisa dilakukan secara offline atau manual.

Berdasarkan pantauan di Kantor Dishub DKI Jakarta, hingga siang hari sudah ada beberapa calon pemudik yang mendatangi kantor dengan keperluan menanyakan mudik gratis 2019.

(Baca Juga : Jangan Sampai Ketinggalan, Ini Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2019)