Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berkaca dari Terbakarnya Avanza di Tol, Ini Pentingnya Punya APAR di Mobil

M. Adam Samudra - Rabu, 1 Mei 2024 | 15:00 WIB
Ilustrasi APAR di dalam mobil perlu dimiliki setiap pengendara
Rianto/GridOto.com
Ilustrasi APAR di dalam mobil perlu dimiliki setiap pengendara

GridOto.com - Toyota Avanza terbakar hebat setelah kecelakaan dengan Mitsubishi Pikap L300 di Tol Jakarta-Cikampek KM 6, Rabu (1/5/2024).

Salah satu penyebab kebakaran tidak tertangani dengan baik adalah tidak adanya alat pemadam kebakaran di dalam bagasi mobil.

Akhirnya api merambat cepat dan meluas ke seluruh bodi mobil.

Kanit Laka Polres Metro Bekasi Kota, Iptu Suwandi menjelaskan penting dalam satu mobil terdapat satu APAR agar bisa menghentikan api menyebar lebih luas.

Viral mobil Avanza alami kecelakaan dan terbakar di Tol Japek KM 6. Ini kata Polisi
Istimewa
Viral mobil Avanza alami kecelakaan dan terbakar di Tol Japek KM 6. Ini kata Polisi

"Kami dari Sat Lantas Polres Metro Bekasi Kota menghimbau kepada warga masyarakat khususnya pengguna jalan alangkah baiknya kendaraan dilengkapi dengan APAR, dengan maksud seandainya terjadi korsleting kendaraan hingga menyebabkan kebakaran, Apar bisa digunakan untuk memadamkan api sebelum membesar," kata Suwandi kepada GridOto.com, Rabu (1/5/2024).

Ia menambahkan, saat area pada mobil terbakar, maka api mudah menyebar karena beberapa bahan atau komponennya mudah terbakar seperti kabel, karet, dan sejenisnya, akan lebih cepat lagi karena pada mobil juga ada bahan bakar.

Untuk mempercepat proses pemadaman, pengendara juga perlu memperhatikan letak APAR yang sudah disiapkan dalam satu mobil.

Sebelumnya Suwandi mengatakan, kecelakaan berawal saat Avanza yang sedang melaju di lajur tiga mengalami pecah ban kiri depan lalu banting setir ke kanan dan berhenti di lajur empat.

Kanit lantas Polres Metro Bekasi Kota Iptu Suwandi
Adam samudra
Kanit lantas Polres Metro Bekasi Kota Iptu Suwandi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa