Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Libur Lebaran Pakai Mobil, Yuk Ingat Lagi Seberapa Penting Fungsi Safety Belt

Naufal Shafly - Rabu, 10 April 2024 | 13:35 WIB
Ilustrasi sabuk pengaman
Dok.GridOto
Ilustrasi sabuk pengaman

GridOto.com - Buat sobat yang ingin libur Lebaran mengunjungi rumah saudara menggunakan mobil, jangan lupa pakai safety belt ya!

Sebab penggunaan safety belt atau sabuk pengaman saat penting dan berkaitan dengan keselamatan nyawa.

Menurut Andry Berlianto, pakar keselamatan berkendara Indonesia, dari sudut pandang safety driving safety belt adalah peranti wajib untuk menunjang keselamatan.

"Safety belt penting untuk menahan pengemudi dan penumpang agar tetap bertahan di tempatnya saat ada benturan akibat kecelakaan, misal potensi terempas ke luar," ucap Andry saat dihubungi GridOto.com beberapa waktu lalu.

Andry menambahkan, penggunaan safety belt dapat menurunkan risiko kematian hingga 45 persen, dan mengurangi risiko cedera serius sampai 50 persen.

Oleh sebab itu, Andry menyarankan penumpang untuk menggunakan safety belt, baik yang duduk di kursi baris pertama, kedua, atau ketiga.

"Pastikan posisinya rapat-rata-rendah, dipakai dengan benar, tidak melintang di perut atau menyilang menyentuh leher, sebab hal ini bisa berbahaya dan mengiris leher," jelasnya.

"Bagian terkuat dari tubuh kita adalah pundak dan pinggang. Safety belt didesain untuk menahan cedera pada bagian-bagian ini jika dipakai dengan benar," lanjutnya.

Khusus untuk balita, Andry menyarankan orang tua memakai child seat yang sesuai dengan tinggi dan berat badan sang anak.

Baca Juga: Ganti Safety Belt Mobil Biar Modis, Segini Biaya Yang Dibutuhkan

Sebab, menggunakan safety belt standar orang dewasa pada balita justru akan berbahaya.

"Karena safety belt standar diperuntukkan untuk orang dewasa, jika dipakai ke anak-anak pasti akan menyilang dan menyentuh leher, ini justru bahaya," ucapnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa