Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mudik 2024

Tol Cipali Mematikan, Berikut Tips dari Polisi Berkendara Biar Tak Jadi Korban

M. Adam Samudra - Sabtu, 6 April 2024 | 13:17 WIB
Rekayasa lalu lintas one way di tol Cipali
Kompas.com
Rekayasa lalu lintas one way di tol Cipali

GridOto.com - Kehadiran Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dianggap penting karena berhasil mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur Pantai Utara (Pantura) saat mudik Lebaran 2024.

Dibangun sepanjang 116,74 kilometer, Cipali telah menjadi jalan bebas hambatan berbayar terpanjang yang menjadi bagian ruas Tol Trans-Jawa.

Karena panjangnya tol inilah membuat Cipali menjadi titik lelah jaringan Tol Trans-Jawa dari arah barat atau Merak, sehingga berpotensi membuat pengendara lengah dan hilang konsentrasi.

Akibatnya, kerap terjadi kecelakaan di jalan tol yang dikelola Astra Tol Cipali (PT Lintas Marga Sedaya).

Belum lama ini anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Erni Sugianti(50) tewas akibat kecelakaan di Jalan Tol Cipali Kilometer 92.700 B wilayah Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada Rabu (3/4/2024).

Panit PJR Tol Cipali Ipda Raden mengungkap, kecelakaan berawal dari kendaraan minibus yang dikendarai oleh Naufal Rizki Ramdani warga Kemayoran, Jakarta, itu melaju dari arah Palimanan menuju Jakarta. 

Diduga karena mengantuk, pengemudi tidak bisa mengendalikan kendaraannya tepat di Kilometer 92.700 B. Kendaraan pun langsung terguling hingga terbalik. 

Bahkan kemarin Honda Freed menabrak mobil Isuzu Elf di KM 164.400 Jalur B Tol Cipali Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Kecelakaan terjadi diduga karena sopir Freed mengantuk.

Menanggapi banyaknya kasus kecelakaan, Kasubdit Wal & PJR Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Faizal mengimbau kepada para pengguna jalan tol untuk memastikan kendaraan dalam kondisi sehat dengan memperhatikan ban, lampu, dan rem berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Bus Blue Star Kecelakaan di Tol Cipali, Operator Ungkap Kronologinya

"Cipali termasuk titik rawan laka, macet dan sebagainya. Mangkanya setiap jalur Cipali itu pasti ada posko polisi untuk memberikan efek sikologis bahwa oh ada petugas dan sebagainya," kata Faizal kepada GridOto.com, Sabtu (6/4/2024).

Ditegaskannya, ada jam-jam tertentu yang dinilai masuk waktu rawan itu.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa