Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Polisi Dibekali 200 Bodycam di Km 29 Japek, Bisa Buat Menindak Pemudik?

M. Adam Samudra - Sabtu, 6 April 2024 | 09:56 WIB
Ilustrasi Body cam (Etle Mobile)
Adam Samudra
Ilustrasi Body cam (Etle Mobile)

GridOto.com - Korlantas Polri membekali sebanyak 200 anggota satuan lalu lintas yang bertugas di lapangan selama periode mudik Lebaran 2024 dengan kamera di tubuh (body camera).

Kasubdit Wal & PJR DIitgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Faizal mengatakan gambar dan video yang terekam dari bodycam tersebut nantinya langsung terhubung dengan posko mudik utama di Command Center KM 29 Jakarta-Cikampek.

"Iya betul itu bodycam kami siapkan ada 200 unit, jadi anggota itu yang melaksanakan pengamanan di jalur semua dibekali dengan body cam," kata Kombes Pol Faizal saat dijumpai GridOto.com, Sabtu (6/4/2024).

Iya menyebut bodycam merupakan pendukung tugas Polri dan salah satu bagian yang menjadi standar operasional prosedur (SOP) tugas polisi lalu lintas.

Penggunaan kamera live streaming bisa dipantau secara langsung melalui dasboard bodycam yang ada di Command Center KM 29.

Kasubdit Wal & PJR DIitgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Faizal
Adam Samudra
Kasubdit Wal & PJR DIitgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Faizal

"Alat ini langsung terkoneksi yang ada di Command Center di KM 29 sehingga kami bisa tahu secara real time pergerakan anggota, kemudian apabila tejadi permasalahan seperti kemacetan, kendaraan rusak, penumpukan di rest area body cam itu bisa sangat penting sekali untuk memberikan instruksi ke anggota untuk berbuat apa, berkoordinasi dengan siapa dan melakukan apa yang harus dilakukan," paparnya.

Namun ia menjelaskan bahwa, bodycam itu hanya untuk memberikan informasi kepada para anggota dilapangan, bukan untuk menindak para pemudik yang melanggar lalu lintas.

Baca Juga: Hadiri FGD Harian Kompas, Menhub Bahas Mudik Ceria Penuh Makna

"Oh tidak untuk melakukan penindakan tilang seperti ETLE mobile, tapi hanya untuk monitor," bebernya.

Sebelumya, Korlantas juga menggunakan teknologi drone untuk membantu pemantauan arus mudik Lebaran 2024.

Drone ini memiliki kemampuan jangkauan hingga 20 km, sehingga bisa digunakan melihat kondisi lalu lintas yang tidak terpantau CCTV.

Terlebih, drone itu bisa memiliki kemampuan zoom hingga 30 kali.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa