Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

JLNT Casablanca Ditutup, Warganet : Biang Kerok Kemacetan Ada di Sahid Sudirman Center

M. Adam Samudra - Kamis, 4 April 2024 | 07:26 WIB
Palang Buka tutup JLNT Casablanca
Adam Samudra
Palang Buka tutup JLNT Casablanca

GridOto.com - Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan mulai dilakukan uji coba penutupan sejak Senin (1/4/2024) hingga dua minggu ke depan, Senin (15/4/2024).

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo pun membenarkan.
 
Ia mengatakan, penutupan JLNT ini dilakukan karena sering dilakukan balap liar oleh pengendara roda dua.
 
Bahkan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mulai memberlakukan uji coba penutupan U-turn Citywalk di Jalan K.H. Mas Mansyur-Habib Usman Mufti, Jakarta Pusat termasuk penutupan terbatas JLNT (Jalan Layang Non Tol) Casablanca, Jakarta Selatan.
 
"Iya betul penutupannya dilakukan mulai pukul 00.00 WIB sampai dengan 04.00 WIB," kata Syafrin saat dikonfirmasi GridOto.com, Kamis (4/4/2024).
 
Ia menambahkan selama uji coba ini, pihaknya telap melakukan rekayasa lalu lintas.
 
"Diimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas," ucapnya.
 
Dari pantauan GridOto.com di JLNT Casablanca terlihat sudah ada palang yang nantinya akan ditutup apabila sudah menujukan pukul 01.00-04.00 WIB.
 
Dikutip dari akun Instagram @Dishubdkijakarta ternyata banyak warganet mengtakan penyebab kemacetan berada di Sahid Sudirman Center.
 
Hal itu seperti disampaikan oleh akun @amiami77 "Padahal sumber macetnya ada didepan Sahid perkantoran byk orang nyebrang dan di drop off selepas itu lancar," tulisnya.
 
Hal yang sama dikatakan oleh @z_rudybulux "Yg bikin macet bukan putaran Citywalk, tp karyawan SCC yg nyebrang sembarangan,"paparnya.
 
@nickersontimasiun "Padahal kalau sore justru yang macet arah Citywalknya bukan yang putar balik,"
 
Sementara akun @septian_mustofa "Itumah bukan kurangi kemacetan, justru memindahkan kemacetan yg dari sahid nyebrang sembarangan," tulis akun tersebut.
 
@aqkha "Sumbernya dari Sahid bawah flyover, bnyk orang nyebrang dan parkir motor,"
 
Berikut adalah rekayasa lalu lintas yang diberlakukan sehubungan dengan penutupan u-turn Citywalk di Jakarta Pusat dan penutupan terbatas JLNT Casablanca.
 
1. Waktu pelaksanaan uji coba penutupan U-Turn Citywalk di Jalan K.H. Mas Mansyur- Habib Usman Mufti Kota Administrasi Jakarta Pusat dan penutupan terbatas JLNT (Jalan Layang Non Tol) Casablanca Kota Administrasi Jakarta Selatan dimulai pada tanggal 1 sampai dengan 15 April 2024.
 
Baca Juga: Kecelakaan Contra Flow di JLNT Casablanca, Bisa Klaim Jasa Raharja?

2. Selama pelaksanaan uji coba penutupan U-Tum Citywalk di Jalan K.H. Mas Mansyur- Habib Usman Mufti Kota Administrasi Jakarta Pusat dilakukan rekayasa lalu lintas sebagai berikut: 

 a. Dilakukan penutupan U-Tum Citywalk Arah Timur-Timur dan Arah Barat-Barat di Jalan K.H. Mas Mansyur Kota Administrasi Jakarta Pusat. Alternatif putaran yang dapat dilalui oleh kendaraan sebagai berikut: 
 
1) Kendaraan dari arah Timur (Casablanca) yang akan ke Timur/Utara (Sudirman) dapat menggunakan putaran Timur-Timur di depan Apartemen Cassadomaine sejauh ± 600 m dari putaran eksisting.
 
2) Kendaraan dari arah Barat (Tanah Abang) yang akan ke Barat (Penjernihan) dapat menggunakan putaran Barat-Barat di depan Intiland sejauh ± 500 m atau yang akan menuju ke Selatan (Senayan) dapat menggunakan putaran Barat-Barat di depan Wihara Amurva Bhumi sejauh ± 1 km dari putaran eksisting. 
 
a. Dilakukan pengaturan Sistern Satu Arah (SSA) di Jalan Karet Pasar Baru Timur 1 ke arah dalam/Utara (Sudirman). Lalu lintas dari Jalan Karet Pasar Baru Timur 2 yang akan menuju ke Jalan Habib Usman Mufti dapat menerus di Jalan Karet Pasar Baru Timur 2-belok kiri ke Jalan R.M. Margono Djodjohadikoesoemo-belok kiri ke Jalan Habib Usman Mufti-Jalan K.H. Mas Mansyur. 
 
b. Dilakukan kanalisasi dengan Movable Concrete Barrier pada frontage Jalan Layang Non Tol (JLNT) arah ke Timur (Casablanca). Lalu lintas dari Kawasan Sahid yang akan menuju ke Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca dapat melalui Jalan Karet Pasar Timur 5. 
 
3. Selama pelaksanaan penutupan terbatas JLNT (Jalan Layang Non Tol) Casablanca Kota Administrasi Jakarta Selatan dilakukan rekayasa lalu lintas sebagai berikut: 
 
a. Dilakukan penutupan terbatas JLNT (Jalan Layang Non Tol) Casablanca Kota Administrasi Jakarta Selatan pada pukul 00.00 sampai dengan 04.00 WIB di kedua sisi yaitu sisi Barat (Citywalk) maupun sisi Timur (Mall Kota Casablanca); 
 
b. Sebagai rute alternatif kendaraan dari arah Barat (Tanah Abang) maupun dari arah Timur (Casablanca) dapat melalui jalur bawah Jalan Prof. Dr. Satrio.
 

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa