Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Turunkan Emisi Gas Buang, Planet Ban Servis Gratis 5.000 Motor Karyawannya

Wisnu Andebar - Selasa, 5 Maret 2024 | 17:30 WIB
Planet Ban hadirkan program Service Day
Wisnu/GridOto.com
Planet Ban hadirkan program Service Day

GridOto.com - Planet Ban menghadirkan program servis gratis bertajuk Service Day untuk kendaraan roda dua milik karyawannya, yang mencakup nasional.

Berlangsung mulai 27 Februari sampai 5 Maret 2024, tercatat ada lebih dari 5.000 motor karyawan diservis layanan servis Rasa Mesin Baru dari Planet Ban pada kegiatan Service Day ini.

Chief Operating Officer Planet Ban, Deden Hendra Shakti mengatakan, sebagai partner strategis industri otomotif, karyawan Planet Ban perlu selalu jadi yang terdepan dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya dampak emisi gas buang kendaraan bagi kelestarian lingkungan.

Pihaknya percaya bahwa pengurangan emisi gas buang kendaraan harus dimulai dahulu dari kesadaran masyarakat untuk merawat kendaraan pribadinya masing-masing secara rutin.

Untuk itu, Service Day ini hadir sebagai komitmen perusahaan tingkatkan mobilitas ramah lingkungan yang dimulai dari internal Planet Ban.

"Dengan meremajakan kondisi kendaraan karyawan kami lewat layanan servis Rasa Mesin Baru, kami berharap dapat tingkatkan awareness masyarakat mengenai pentingnya mengurangi tingkat polusi yang beredar di lingkungan dengan ditekannya tingkat emisi gas buang kendaraan pribadi," ujarnya saat berada di Depok, Jawa Barat, Selasa (5/3/2024).

Berdasarkan data per 29 Februari 2024 dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, lebih dari 137 ribu unit kendaraan roda dua telah diuji kadar emisinya.

Walaupun demikian, angka berikut hanya sebagian kecil dari jumlah sepeda motor yang terdata. Dalam skala nasional, jumlah sepeda motor mencapai 134 juta unit.

Untuk menekan semakin banyak emisi gas buang motor, layanan servis Rasa Mesin Baru telah hadir di lebih dari 1.000 outlet di seluruh Indonesia untuk mengembalikan performa mesin menjadi seperti baru.

Dalam program Service Day, Planet Ban juga uji emisi motor karyawan setelah diservis
Wisnu/GridOto.com
Dalam program Service Day, Planet Ban juga uji emisi motor karyawan setelah diservis

Baca Juga: Bukan Hanya Ban Motor, Planet Ban Sediakan Aki Motor Bergaransi

Hasil penelitian tim internal Planet Ban mengungkapkan bahwa servis Rasa Mesin Baru terbukti dapat menurunkan rata-rata kadar emisi HC kendaraan motor sebesar 67 persen, dan kadar emisi CO turut berkurang sebesar 73 persen.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang sama, rata rata jarak tempuh motor (km/liter) juga meningkat sebesar 16 persen.

Sejak inisiatif Rasa Mesin Baru diluncurkan pada Agustus 2023, sudah ada lebih dari 1.000 motor hingga Desember 2023 yang melakukan uji emisi di Planet Ban dan berhasil menurunkan emisi gas buang.

Planet Ban juga terus memperluas kehadiran inisiatif ini di berbagai wilayah di Indonesia bersama dengan berbagai partner strategis, termasuk dengan karyawan perusahaan dalam kegiatan Service Day.

Upaya pengurangan emisi kendaraan ini merupakan bagian dari implementasi inisiatif berkelanjutan yang menjadi dasar dari komitmen Planet Ban menjalankan bisnis secara ramah lingkungan.

Lebih dari itu, Planet Ban telah melaksanakan sejumlah inisiatif penting lain untuk semakin menyokong komitmen zero emission dan zero waste, termasuk pengelolaan limbah oli dan ban motor beserta plastik pembungkusnya, penggunaan bahan ramah lingkungan untuk suku cadang motor, serta pengembangan layanan terbaru untuk mendukung ekosistem motor listrik (electric vehicle).

“Bersama berbagai inisiatif perusahaan yang digerakkan dengan prinsip keberlanjutan, Planet Ban siap menggerakkan sektor transportasi menuju masa depan yang tidak hanya lebih efisien, namun juga berkontribusi ke kualitas lingkungan yang lebih bersih serta masyarakat yang lebih sehat," tutupnya.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa