Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Enggak Takut Kehabisan Daya, Pengguna Motor Listrik Savart Bisa Tukar Baterai di Planet Ban

Wisnu Andebar - Sabtu, 28 Oktober 2023 | 18:05 WIB
Battery Swap Station (BSS) motor listrik Savart bakal tersedia di Planet Ban
Wisnu/GridOto.com
Battery Swap Station (BSS) motor listrik Savart bakal tersedia di Planet Ban

GridOto.com - PT Garda Energi Nasional Indonesia (GENI) sebagai produsen motor listrik Savart, memperkenalkan sistem penukaran baterai yang diberi nama Battery Swap Station (BSS).

Tidak sendirian, Savart menggandeng Planet Ban untuk menunjang fasilitas penukaran baterai bagi konsumen motor listriknya.

William Ekaputra Taifan, CEO Savart Motors mengatakan, pemilik motor listrik Savart bisa melakukan pengecasan baterai di Planet Ban menggunakan skema swap battery.

"Dengan sistem sewa ini konsumen tidak perlu khawatir soal kondisi baterainya. Savart juga menjamin semua baterai dalam kondisi sehat dan layak digunakan," ujar William saat ditemui di Tangerang, Sabtu (28/10/2023).

Ia menjelaskan, sistem penukaran baterai motor listrik Savart dikenakan biaya langganan mulai Rp 350 ribu sampai Rp 420 ribu per bulan atau 1.000 km.

Adapun pengadaan fasilitas penukaran baterai ini, disebut akan dilakukan secara bertahap mengikuti animo konsumen.

"Jadi BSS ini kami enggak pasang jumlah target, lebih mengikuti perkembangan. Ketika ada konsumen kami di wilayah tertentu baru kami pasang di Planet Ban terdekat tempat tinggal konsumen," paparnya.

Sementara itu Billy Wibisono, Product and Service Development Planet Ban menyampaikan, bahwa pembeli motor listrik Savart tidak perlu khawatir dengan layanan purnajual.

Motor listrik Savart S-1 di IMOS+ 2023
Wisnu/GridOto.com
Motor listrik Savart S-1 di IMOS+ 2023


"Karena selain melakukan pengisian baterai dengan sistem swap, konsumen juga bisa melakukan servis di planet ban," ucapnya.

Baca Juga: Belum Punya Dealer, Alasan Savart Motors Pilih Jualan Motor Listrik Online Bikin Senang Konsumen

Billy mengungkapkan, Planet Ban memiliki ribuan outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan siap memfasilitasi sistem penukaran baterai motor listrik Savart.

"Kami punya lebih dari 1.100 outlet di Indonesia. Saat ini sedang mengatur tempat BSS-nya karena setiap planet ban punya luas yang berbeda-beda," terangnya

"Battery Swap Station di Planet Ban rencananya akan mulai tersedia akhir tahun ini (2023) di wilayah Jakarta," pungkas Billy.

Sekadar info, produsen motor listrik asal
Mojokerto, Jawa Timur ini telah meluncurkan model pertama mereka yaitu Savart S-1 di hari pembuka ajang Indonesia Motorcycle Show Plus 2023 (IMOS+ 2023) pada Rabu (25/10) lalu.

Bicara harga, motor listrik ini berada di rentang Rp 42 juta tipe Savart S-1 dan Rp 45 juta untuk varian Savart S-1P Insignia.

Bedanya, Savart S-1P Insignia mendapatkan LED HMI, Combi Brake System (CBS), dan Tire Pressure Monitoring Sensor (TPMS).

Terdapat juga Two-Step Authentification menggunakan sidik jari, kemudian Special Edition Kit berutpa warna, emblem, HMI Ambient, Seat Cover, dan Performance Monitoring Display.

Savart S-1 dan S-1P Insignia diklaim punya performa setara motor 250 cc dengan motor penggerak 72V, menghasilkan daya maksimal 18,7 dk dan torsi puncak 250 Nm berpendingin cairan.

Dengan spesifikasi tersebut, motor listrik ini diklaim sanggup meraih kecepatan maksimal hingga 120 km/jam dengan jarak tempuh sekitar 110 km.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa