Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Obituari Toddy Andries, Sosok Pimpinan Lomba Legendaris yang Punya Sifat Tegas dan Humanis

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 22 Februari 2024 | 12:34 WIB
obituari Toddy Andries, sosok pimpinan lomba yang terkenal tegas dan humanis
Dok. OTOMOTIF
obituari Toddy Andries, sosok pimpinan lomba yang terkenal tegas dan humanis

GridOto.com - Dunia Otomotif Tanah Air baru saja kehilangan sosok Toddy Andries yang dikenal sebagai salah satu tokoh balap legendaris.

Mendiang meninggal dunia pada Rabu (22/2/2024) pukul 01.23 WIB, berprofesi sebagai racing director atau pimpinan lomba sejak tahun 1980-an.

Sebelum jadi pimpinan lomba, Toddy sempat ikut berbagai macam olah raga bermotor, mulai gokart, road race, reli sampai balap mobil di sirkuit Ancol.

Pria yang mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement pada MOTOR Plus Award 2014 tersebut juga merupakan orang Indonesia pertama yang punya licence untuk kejuaran dunia motocross dari FIM.

Dalam kisahnya yang dilansir dari Tabloid OTOMOTIF edisi 28 XXXI 18-24 November 2021, Toddy membagikan kisahnya saat diberi kesempatan mengambil lisensi internasional sebagai pimpinan lomba oleh ketua IMI saat itu, Hutomo Mandala Putera alias Tommy Soeharto.

“Saya diberi kesempatan mengambil licence untuk pimpinan lomba. Saya tanya sama dia, ‘Mas saya disuruh keluar ambil licence motocross buat apa? Kan motocross kita amburadul’. Dia tidak menjawab. Dia bilang pokoknya lu berangkat,” sebutnya.

Toddy sendiri didukung teman-temannya, seperti Dolly Indra Nasution. Karena waktu itu Indonesia sudah banyak sekali bikin balapan internasional.

Yang lucu, Toddy sempat salah kirim saat pertama kali pergi untuk mengambil licence. Pria kelahiran 1 Januari 1944 tersebut malah dikirim ke Inggris.

“Saat sampai di salah satu seminar, balapannya malah dirt race. Sampai di sana, apa ini? Dalam
hati saya, kalau juga saya lulus balap kayak gini mau di mana. Ternyata salah kirim,” kekeh Toddy.

Baca Juga: Kabar Duka, Achmad 'Feol' Riswan, Eks Pemred MOTOR Plus Wafat

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa