Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beredar Kabar Tarif Tol MBZ Naik Dalam Waktu Dekat, Ini Kata Jasa Marga

M. Adam Samudra - Selasa, 20 Februari 2024 | 12:50 WIB
Tol MBZ
Jasa Marga
Tol MBZ

GridOto.com - Tarif Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) bakal naik dalam waktu dekat.

Hal itu seperti disampaikan Ria Marlinda Paallo VP. Corporate Secretary and Legal
PT Jasamarga Transjawa Tol.

"Sebagai upaya untuk menjamin Badan Usaha Jalan Tol dalam menjaga dan meningkatkan level of service jalan tol serta untuk menciptakan iklim investasi bisnis jalan tol yang kondusif, dalam waktu dekat akan diberlakukan penyesuaian tarif integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed," kata Ria, Selasa (20/2/2024).

Menurutnya, penyesuaian tarif ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 250/KPTS/M/2024 tanggal 2 Februari 2024 tentang Penyesuaian Tarif Integrasi pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated​.

Untuk itu, pihaknya mengklaim terus memastikan kelancaran arus lalu lintas kendaraan di ruasnya untuk mempercepat distribusi barang dan jasa.

"Upaya ini terus dilakukan dengan berpedoman pada Standar Pelayanan Minimal jalan tol," bebernya.

Sekadar informasi, sejak awal diintegrasikannya Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ pada bulan Januari 2021, keberadaan jalan tol tersebut mampu mengurangi beban kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Kapasitas lajur jalan tol penghubung Kota Jakarta dengan Wilayah Jawa Barat pun bertambah 2 lajur atas kontribusi Jalan Layang MBZ terhitung mulai dari KM 10 hingga KM 48 di kedua arah.

"Skema integrasi ini dapat mempercepat waktu tempuh perjalanan para pengguna jalan baik tujuan jarak dekat maupun jarak jauh," bebernya 

PT JTT bersama PT JJC terus berupaya meningkatkan kinerjanya dengan meningkatkan kualitas layanan operasional dan pemeliharaan jalan tol.

Baca Juga: Libur Panjang Usai, Jasa Marga Prediksi Arus Balik Terjadi Hari Ini

Untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek, PT JTT telah menambah kapasitas lajur Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari KM 50 s.d KM 67 jalur A atau arah Cikampek dan KM 62 s.d KM 50 jalur B atau arah Jakarta.

PT JTT telah memaksimalkan peningkatan kapasitas jalan tol dari 3 lajur menjadi 4 lajur sepanjang 18,2 Km.

Adapun lokasi peningkatan kapasitas ini dipilih untuk mengurai kepadatan kendaraan setelah KM 48 arah Cikampek akibat pertemuan 2 arus lalu lintas kendaraan dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa