Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tempuh 6.500 Km, Biker Ini Tuntaskan Solo Touring Jakarta-Sabang Selama 18 Hari

Wisnu Andebar - Senin, 19 Februari 2024 | 20:15 WIB
Made Angga, berhasil menyelesaikan solo touring Jakarta-Sabang pulang pergi
Made Angga, berhasil menyelesaikan solo touring Jakarta-Sabang pulang pergi

GridOto.com - Seorang biker asal Jakarta bernama Made Angga (26), berhasil menuntaskan perjalanan solo touring menggunakan Honda CB150R miliknya menjelajahi Pulau Sumatra hingga mencapai 0 km Sabang.

Menempuh total perjalanan sejauh 6.500 km Jakarta-Sabang pulang pergi (PP), ia menghabiskan waktu 18 hari untuk menyelesaikan touring ini.

Memulai perjalanan sejak 5 Desember 2023, sebenarnya target atau tujuan utama Made Angga bukan hanya mencapai 0 km di Sumatra, melainkan juga untuk mengeksplorasi keindahan alam dan budaya Pulau Sumatra secara langsung.

Perjalanan touring Angga dimulai dari Jakarta mengambil rute lintas barat yaitu, Lampung-Bengkulu-Sumatra Barat-Sumatra Utara-Aceh, hingga mencapai pulau Sabang.

Selama perjalanan, Made Angga menjelajahi tempat-tempat indah seperti Taman Nasional Bukit Barisan, Pantai Krui di Lampung, Pantai Bengkulu, Bukit Langkisau, Puncak Mandeh, Pantai Padang, Sitinjau Lauik, Danau Singkarak, hingga mencapai titik 0 kilometer di Sabang.

"Saya melakukan solo touring dari Jakarta ke Sabang selama sembilan hari, dan perjalanan kembali dari Aceh ke Jakarta selama sembilan hari," ujar Angga dalam keterangan tertulis.

"Total perjalanan yang saya tempuh adalah 6.500 km selama 18 hari, dengan hanya dua kali pergantian oli setiap 3.500 km, yaitu sebelum berangkat dan di Aceh saat hendak kembali ke jakarta. Saya sangat terkesan dengan keindahan selama perjalanan menjelajah Pulau Sumatera," timpal Angga lagi.

Adapun ia menggunakan pelumas mesin PTT Challenger Superbike 10W40 Ester Technology untuk Honda CB150R berkelir hitam miliknya.

Bagi Angga, Pulau Sumatra sangat memberikan kesan pengalaman yang patut diingat.

Untuk rute perjalanan pulang ke Jakarta, ia mengambil jalur lintas timur melewati Banda Aceh-Medan-Riau-Jambi-Palembang-Lampung.

Baca Juga: Oli Mesin PTT Ada Varian Viskositas 0W-30, Ini Keunggulannya

Ia pun memberikan saran kepada para penggemar solo touring untuk selalu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang sebelum melakukan perjalanan.

Seperti kondisi motor, fisik, mental, serta pentingnya memiliki kenalan di setiap provinsi yang dilalui untuk mendapatkan informasi terkini tentang situasi dan kondisi jalur yang hendak dilalui.

Angga mengaku membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menyiapkan touring ini dengan sebaik mungkin, terlebih ia melakukan perjalanan sendirian.

Kendati persiapan telah dilakukan dengan matang, bukan berarti perjalanan solo touring yang dilakukan Angga terbebas dari kendala.

Motor yang ia gunakan sempat mengalami putus kabel kopling sebanyak dua kali, ketika berada di Bengkulu dan Riau.

"Meski begitu, mesin saya tetap berperforma baik melewati medan sulit seperti pegunungan, banjir, hujan lebat, dan panas terik," paparnya.

Ia berharap pengalamannya dapat menginspirasi lebih banyak generasi muda untuk menjelajahi kekayaan alam dan budaya Indonesia.

“Indonesia adalah negara yang indah dan tidak kalah indahnya dengan negara lain, semoga ke depanya anak-anak muda Indonesia bisa mengunjungi tempat-tempat indah ini," pungkas Angga.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa