Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Diresmikan Besok, Intip Fasilitas Terminal Tipe A Leuwipanjang Bandung

M. Adam Samudra - Jumat, 2 Februari 2024 | 20:45 WIB
Terminal Leuwipanjang diresmikan presiden Jokowi besok
Kemenhub
Terminal Leuwipanjang diresmikan presiden Jokowi besok

GridOto.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikanTerminal Tipe A Leuwipanjang, Bandung pada Sabtu (3/2/2024).

Untuk mempersiapkan hal itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun langsung mengecek sejumlah fasilitas di terminal Leuwipanjang.

Salah satunya seperti melihat area tunggu penumpang, area bus, fasilitas mesin tiket, papan informasi, hingga area UMKM dan kantor Samsat yang berada di dalam gedung terminal.

"Saya senang di sini fasilitas dipergunakan dengan baik, minimal ada sekitar 2.000 penumpang yang datang dan pergi dari Leuwipanjang per harinya," ujar Budi, Jum'at (2/2/2024).

Terminal Leuwipanjang merupakan terminal angkutan Tipe A yang melayani angkutan antarkota antar provinsi (AKAP), angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan non bus.

Terminal yang dibangun sejak 1996 dan mulai direvitalisasi secara bertahap sejak 2020, kini memiliki konsep modern yang mengutamakan kenyamanan perpindahan penumpang.

"Bangunannya bagus sekali dan tadi saya mencoba beberapa hal yang menjadi pelopor. Salah satunya sistem ticketing, di mana kita bisa beli tiket secara online dan cetak di terminal atau langsung membeli di terminal melalui mesin elektronik," lanjut Menhub.

Menhub lakukan pengecekan terminal Leuwipanjang
Menhub
Menhub lakukan pengecekan terminal Leuwipanjang

Seperti revitalisasi yang dilakukan di sejumlah terminal, Terminal Leuwipanjang mengusung konsep mixed use.

Yaitu sebuah konsep terminal modern multifungsi dengan tiga fungsi utama meliputi: fungsi sebagai tempat naik turun penumpang bus, fungsi sebagai penggerak perekonomian daerah dan fungsi sebagai pusat kegiatan sosial, seni dan budaya.

Baca Juga: Presiden Resmikan Empat Terminal Bus Sekaligus di Jateng dan Jatim, Biayanya Capai Segini

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa