Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ribuan Pemudik Gratis Gunakan Bus Dilepas kemenhub, Ini Tujuannya

M. Adam Samudra - Sabtu, 23 Desember 2023 | 15:35 WIB
Para peserta mudik
Kemenhub
Para peserta mudik

GridOto.com - Kementerian Perhubungan memberangkatkan peserta mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ke 11 kota di antaranya Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Surabaya, Kediri, Malang dan Madiun.

Adapun, program ini dimaksudkan untuk mengurangi angka kemacetan dan kecelakaan lalu lintas karena masifnya pergerakan masyarakat di momen liburan akhir tahun.

Pelepasan pemberangkatan bus dilakukan di Terminal Kp. Rambutan, Jakarta Timur (23/12/2023).

"Kegiatan dengan tema 'Transportasi Aman Liburan Nyaman' ini bertujuan untuk mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas khususnya bagi sepeda motor dan mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan," ujar Inspektur 1 Kemenhub Amin Hudaya.

Lebih lanjut Ia menyampaikan selain dari adanya keberangkatan mudik gratis melalui bus, Kemrenhub juga menyediakan sarana truk pengangkut sepeda motor yang sudah diberangkatkan pada 22 Desember 2023 kemarin dari Terminal tipe A Pondok Cabe Kota Tangerang.

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit Angkutan Perkotaan, Iman Sukandar dalam laporannya menuturkan kegiatan mudik gratis angkutan jalan Nataru tahun 2023/2024 ini berdasarkan rencana dan operasi memiliki total kuota mudik sebanyak 3.600 peserta.

Adapun jumlah bus yang digunakan sebanyak 90 unit, yang terbagi menjadi sebanyak 27 bus diberangkatkan dari Terminal Kp. Rambutan dan 63 bus lainnya diberangkatkan dari Terminal terpadu Pulogebang pada waktu yang sama.

Baca Juga: Hadir saat Libur Nataru, Posko Siaga Daihatsu Berikan Diskon Servis dan Ganti Oli

"Sebanyak 1.024 peserta mudik gratis diberangkatkan dari Terminal Kp. Rambutan. Sedangkan, sebanyak 2.473 peserta mudik gratis dengan 63 bus saat ini juga akan diberangkatkan dari Terminal Pulogebang Jakarta Timur," jelas Iman.

Kemudian Ia berharap penyelenggaraan mudik gratis angkutan jalan ini diberikan kelancaran dan keselamatan selama perjalanan.

"Kami titip salam kepada keluarga peserta mudik di kampung halaman dan kami ucapkan selamat berlibur dan berkumpul hangat dengan sanak saudara dan keluarga, transportasi aman liburan nyaman," tutup Iman.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa