Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Banyak Pembalap MotoGP Crash dan Cedera, Solusi Dorna Sports Bikin Tim Geleng-geleng Kepala

Rezki Alif Pambudi - Jumat, 2 Februari 2024 | 13:00 WIB
Solusi dari Dorna Sports atas banyaknya crash dan pembalap cedera di MotoGP
MotoGP.com
Solusi dari Dorna Sports atas banyaknya crash dan pembalap cedera di MotoGP

GridOto.com - Dorna Sports tampaknya tidak terlalu pusing mengenai kritikan publik soal semakin banyaknya crash dan pembalap cedera di MotoGP saat ini.

Crash yang terjadi sepanjang MotoGP 2023 lalu pun bukan kejadian biasa, melainkan banyak kejadian yang cukup parah sehingga membuat pembalap harus naik ke meja operasi dan absen dalam beberapa balapan.

Sebut saja crash Pol Espargaro, Enea Bastianini, Marc Marquez, Miguel Oliveira, Alex Rins dan sejumlah pembalap lain yang harus melewatkan beberapa seri MotoGP 2023 karena cedera.

Ada sejumlah alasan yang dianggap menjadi penyebab meningkatnya jumlah crash dan pembalap cedera di MotoGP.

Pertama adalah soal hadirnya balapan sprint, yang secara psikologis membuat para pembalap lebih buas dalam menjalani balapan pendek tersebut.

Kedua adalah jadwal padat, karena adanya 20 seri dengan masing-masing dua balapan sehingga membuat peluang crash semakin besar.

Ketiga mengenai motor yang semakin kencang, juga dampak aerodinamika yang membuat motor di belakang menjadi sulit dikontrol dan banyak crash terjadi.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menyarankan solusi sementara untuk pabrikan, sebelum adanya regulasi baru yang baru diberlakukan beberapa tahun ke depan.

Salah satunya adalah menyiapkan pembalap cadangan, agar tiap pabrikan tidak begitu dirugikan jika pembalapnya crash dan cedera.

Baca Juga: Shakedown Test MotoGP 2024 Dimulai Hari Ini, Pesertanya Jauh Lebih Banyak dari Biasanya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa