Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mayjen TNI Farid Makruf Ungkap Rintangan Pembebasan Lahan Sirkuit Mandalika

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 25 Desember 2023 | 20:00 WIB
Mayjen TNI Farid Makruf ungkap rintangan pembebasan lahan Sirkuit Mandalika
kolase Instagram @faridmakrufma dan MotoGP
Mayjen TNI Farid Makruf ungkap rintangan pembebasan lahan Sirkuit Mandalika

GridOto.com - Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Farid Makruf mengungkapkan sejumlah rintangan dalam pembebasan lahan sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Saat itu, Farid yang menjabat sebagai Danrem 162 Wira Bhakti, Mataram, NTB pada 2016-2018, diberikan laporan oleh Dandimnya bahwa masalah tanah di Mandalika sudah 30 tahun tidak terselesaikan.

"Pemerintah pada 2009 tidak bisa menyelesaikan masalahnya karena masyarakat di sana sangat keras sehingga tidak bisa membangun apapun di Mandalika," ujar Farid dalam unggahan Instagram @faridmakrufma, Rabu (20/12/2023).

Setelah itu, ia didatangi Menko Luhut Binsar Pandjaitan dan ditanyai apakah bisa menyelesaikan masalah di tanah Mandalika tersebut.

"Saya jawab sanggup, masalah ini diselesaikan dengan bantuan Kasi Intel saya bernama Letkol Amran. Akhirnya tiga bulan saya selesaikan tanpa pertumpahan darah," ungkap pria kelahiran Bangkalan, Madura, 54 tahun silam tersebut.

Menurut Farid, problem tersebut berhasil diselesaikannya dengan cara pendekatan persuasif karena ia tidak punya kepentingan pribadi dan hanya ingin berbuat baik untuk masyarakat.

"Mereka (warga Mandalika) cuma ingin harga tanahnya itu dihargai sesuai yang mereka inginkan. Pendekatan saya lakukan persuasif dengan menghargai mereka dan tidak melebih-lebihkan," ujar Farid yang sekarang menjabat sebagai Kepala Staf Kostrad per November 2023 lalu.

Farid menambahkan, Letkol Amran yang membantunya saat itu juga patut mendapat pujian karena ikut menghabiskan banyak waktu bersama masyarakat Mandalika.

"Pada bulan Februari kalau enggak salah mereka dibayar sampai menangis, Alhamdulillah Panglima TNI mungkin puas dengan hasil kerja saya," jelasnya.

Baca Juga: Masih Kesal Gagal Juara Dunia, Jorge Martin Salahkan Sirkuit Mandalika

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa