Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sempat Ditunda Akibat Skandal Daihatsu, Pengiriman Mobil Toyota di Indonesia Kembali Normal

Wisnu Andebar - Jumat, 22 Desember 2023 | 14:00 WIB
Pengiriman mobil Toyota di Indonesia yang terdampak skandal Daihatsu kembali normal
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Pengiriman mobil Toyota di Indonesia yang terdampak skandal Daihatsu kembali normal

GridOto.com - Sempat menunda pengiriman beberapa model akibat skandal safety Daihatsu, Toyota Indonesia memastikan aktivitas tersebut kembali normal mulai hari ini, Jumat (22/12/2023).

Terkait penangguhan pengiriman sementara tersebut, Toyota Indonesia telah berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia untuk menjelaskan fakta-fakta terkait kasus ini.

"Setelah berkonsultasi mengenai tindakan selanjutnya, diputuskan bahwa proses pengiriman kendaraan termasuk model-model yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu oleh Toyota Indonesia sudah kembali normal dimulai pada 22 Desember 2023 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia," tulis Toyota dalam pernyataan di laman web resminya.

Pemerintah Indonesia juga berharap ekspor yang terdampak dapat dilakukan kembali sesegera mungkin setelah ada konfirmasi dari otoritas terkait di negara tujuan ekspor.

"Sekali lagi, Toyota Indonesia dengan tulus, ingin meminta maaf kepada seluruh pelanggan dan pemangku kepentingan di Indonesia terkait ketidaknyamanan dan kemungkinan kekhawatiran yang ditimbulkan oleh aktivitas ini. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pelanggan kami," sambungnya.

Baca Juga: Tersangkut Skandal Safety Daihatsu Global, Toyota Sebut Mobil yang Dijual di Indonesia Aman

Adapun penangguhan pengiriman yang dilakukan PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), berdampak pada beberapa model yang dikembangkan bersama Daihatsu.

Penangguhan ini merupakan tindak lanjut penemuan beberapa prosedur yang tidak sesuai standar oleh Daihatsu Motor Co. Ltd yang diumumkan 28 April 2023 lalu.

Komite independen dibentuk untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh berbagai prosedur dalam perusahaan, yang mencakup total 64 model kendaraan yang saat ini sedang dikembangkan sebagai brand Daihatsu maupun untuk dipasarkan sebagai brand Toyota.

Dalam keterangan tertulis itu juga dijelaskan bahwa, pelanggan yang menggunakan produk Toyota termasuk yang dikembangkan bersama Daihatsu tidak perlu khawatir atau melakukan tindakan apapun, dan dapat terus menggunakan kendaraan seperti biasa.

Didasari bahwa seluruh kendaraan Toyota (termasuk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu) dijual di Indonesia telah memenuhi aturan dan proses homologasi yang berlaku.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa