Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Tanda Sabuk Baja Transmisi Matik CVT Honda Mulai Bermasalah

Ryan Fasha - Senin, 18 Desember 2023 | 22:13 WIB
transmisi matik CVT Honda Mobilio
transmisi matik CVT Honda Mobilio

GridOto.com - Sebagian besar mobil Honda yang dipasarkan di Indonesia menggunakan transmisi matik jenis CVT atau Continuosly Variable Transmission.

Transmisi matik CVT ini menggunakan sepasang puli (puli primer dan puli sekunder) yang dihubungkan sebuah sabuk baja sebagai penggeraknya.

Menurut Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, Bintaro, Tangerang Selatan, masalah CVT mobil matik Honda ada di komponen belt atau sabuk baja.

Sepengalaman Hermas, masalah ini ditemui pada CVT Honda Mobilio, Jazz GD3 dan GK5, HR-V gen 2, hingga BR-V gen 1 yang usianya masuk 5 tahun lebih.

"Kerusakan girboks CVT mobil matik Honda ini terjadinya merembet satu-satu, mulai dari belt yang melar, kemudian permukaan pulley yang tergerus, sampai titik dimana belt putus dan girboks rontok," jelas Hermas.

Bagaimana tanda-tanda kalau sabuk baja transmisi matik CVT Honda mulai bermasalah?

Sabuk baja transmisi matik putus
ryan/gridoto.com
Sabuk baja transmisi matik putus

Baca Juga: Masalah CVT Mobil Honda, Sabuk Baja Bisa Putus Akibat Hal Ini

"Ketika sabuk baja transmisi matik CVT Honda yang mau putus, sebenarnya mobil akan menunjukkan tanda-tandanya," buka Supriyanto atau akrab disapa Ucup pemilik bengkel Rizky Automatic, Pulogebang, Jakarta Timur kepada GridOto.com.

"Dari yang saya rasakan, sabuk baja transmisi matik CVT Honda yang enggak lama akan putus tarikan mobil terasa lebih berat dan slip," lanjutnya.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa