Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

GridOto Award 2023

Car of The Year GridOto Award 2023: Toyota Kijang Innova Zenix

Trybowo Laksono - Jumat, 1 Desember 2023 | 18:00 WIB
Toyota Kijang Innova Zenix menjadi Car of The Year di GridOto Award 2023
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Toyota Kijang Innova Zenix menjadi Car of The Year di GridOto Award 2023
GridOto.com - Toyota Kijang Innova Zenix tampil sebagai Car of The Year dalam gelaran GridOto Award 2023.
 
Di GridOto Award 2023, ia sukses mengalahkan kandidat Car of The Year lain yang juga mendulang poin tinggi seperti Honda CR-V, Chery Omoda 5, atau Hyundai Stargazer X.
 
Tentu saja pencapaian Toyota Kijang Innova Zenix itu bukannya tanpa alasan, paling utama adalah ubahan revolusioner di sektor teknikal.
 
Tak lagi menggunakan IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) yang merupakan sasis tangga (ladder frame), Toyota Kijang Innova Zenix kini memakai TNGA (Toyota New Global Architecture) yang formatnya monokok.
 
Pondasi ini meniscayakan banyak hal, termasuk performa dan rasa berkendara yang sekarang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.
 
Arsitektur monokok memberi stabilitas tanpa harus mengorbankan kenyamanan. 
 
Berkatnya, Toyota Kijang Innova Zenix lebih gesit bermanuver dengan karakter sasis dan suspensi yang tetap lembut.
 
Toyota Kijang Innova Zenix juga menyerap kebaikan dari perpindahan sistem penggerak dari roda belakang (RWD) ke roda depan (FWD).
 
Hilangnya kopel dan gardan membuat sistem FWD efektif meminimalisir power loss, output mesin pun terhantar lebih optimal dan efisien.
 
Ketiadaan kopel dan gardan di bawah dek pun membuat ruang di atasnya bisa dirancang lebih tinggi, alhasil interior Toyota Kijang Innova Zenix kini lebih lega baik untuk penumpang maupun barang.
 
Toyota Kijang Innova Zenix G Hybrid saat pengujian Single Tank Challenge rute Jakarta-Bali.
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Toyota Kijang Innova Zenix G Hybrid saat pengujian Single Tank Challenge rute Jakarta-Bali.
 
Hal besar lainnya adalah pilihan mesin yang kini menyediakan varian bermesin bensin dan hybrid.
 
Sistem hybrid sebagai opsi flagship, terbukti impresif dari segi performa.
 
Hasil tes kami di Toyota Kijang Innova Zenix G Hybrid, mampu mencetak 9,3 detik untuk berakselerasi 0-100 km/jam. Inilah Kijang terkencang selama puluhan tahun eksistensinya di Indonesia.
 
 
Tak kalah mengagumkan adalah catatan efisiensi.
 
Ia bisa berjalan dengan konsumsi 19,2 km/l di rute Dalam Kota dengan lalu lintas padat, yang kemudian di rute Tol sebagai penggambaran kecepatan tinggi nan konstan, dilakukannya dengan 18,8 km/l.
 
Kecemerlangan itu mungkin wajar bagi ekspektasi mobil hybrid paralel, tapi bagi sebuah Kijang, raihan ini tentu sebuah rekor baru.
 
Kami bahkan sudah menguji jarak tempuhnya, Toyota Kijang Innova Zenix G Hybrid mampu menempuh Jakarta-Bali dengan hanya 1 tangki BBM penuh. Luar biasa!
 
Lalu soal fitur, paling menarik adalah hadirnya Toyota Safety Sense (TSS) yang memberi Toyota Kijang Innova Zenix kemampuan semi otonom.
 
Pre-Collision System sebagai salah satu fitur di TSS, misalnya, membuat Toyota Kijang Innova Zenix bisa mengerem sendiri jika komputer mendeteksi ada potensi tumbukan dari arah depan.
 
Atau Lane Tracing Assist, memungkinkan setir bisa bergerak sendiri untuk membantu pengemudi mengarahkan mobil selalu di lajurnya.
 
Bisa disimpulkan, semua kelebihan yang ada di Toyota Kijang Innova Zenix sukses melambungkan poinnya sehingga membuatnya pantas menjadi Car of The Year di GridOto Award 2023.
 
Selamat untuk Toyota Kijang Innova Zenix!

Editor : Trybowo Laksono

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa