Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Diproduksi di Cikarang, Segini Tingkat Komponen Dalam Negeri Mitsubishi Xforce

Wisnu Andebar - Sabtu, 18 November 2023 | 11:00 WIB
Mitsubishi Xforce diproduksi di pabrik Cikarang, Jawa Barat
Wisnu/GridOto.com
Mitsubishi Xforce diproduksi di pabrik Cikarang, Jawa Barat

GridOto.com - Xforce menjadi salah satu produk Mitsubishi Motors yang diproduksi secara lokal di pabriknya yang berloaksi di Cikarang, Jawa Barat.

Karena sudah diproduksi di Tanah Air, Mitsubishi Xforce disebut telah memaksimalkan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Lokal konten sekitar hampir segera mencapai 80 persen," ujar Minoru Saito, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) saat ditemui di Cikarang, Kamis (16/11/2023).

Dirinya menjelaskan, secara kapasitas pabrik MMKI mempu memproduksi 200 ribu unit mobil baru per tahunnya.

Sedangkan untuk Xforce sendiri telah dipersiapkan line khusus, dengan target produksi mencapai 5 ribu unit per bulan dan target penjualan 20 ribu unit pada 2024.

"Untuk diketahui line produksi Xforce dan Xpander itu sama. Saya rasa MMKI punya kapasitas yang cukup meski kami harus meningkatkan target pasar 30 ribu unit per tahun kami yakin mereka sanggup," tambah Atsushi Kurita, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Lebih lanjut, Sport Utility Vehicle (SUV) Compact ini disebut telah mencatatkan 4.000 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sejak pemesanannya dibuka pada Mei 2023 lalu.

Pengiriman ke konsumen pun mulai dilakukan oleh MMKSI pada November 2023 ini secara bertahap untuk konsumen yang telah memesan lebih dulu.

"Untuk dua bulan pertama (November-Desember 2023) kami bisa mengirimkan 3.000 unit. Setelah itu 2.000 unit per bulan bisa dikirim ke konsumen," terang Kurita.

Baca Juga: Mitsubishi Spill Target Penjualan Xforce Periode 2024, Segini Jumlahnya

Sekadar info, Mitsubishi Xforce punya dua pilihan varian yakni Exceed dibanderol Rp 382,5 juta dan Rp 419,1 juta untuk varian Ultimate on the road (OTR) Jakarta.

Pesaing Toyota Yaris Cross, Hyundai Creta dan Honda HR-V ini disematkan mesin bensin berkapasitas 1.499 cc 4-silinder dengan kode 4A91.

Mesin tersebut diklaim mampu hasilkan tenaga maksimal 103 dk di 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm di 4.000 rpm.

Tenaga yang dihasilkan kemudian disalurkan lewat transmisi otomatis jenis Continuously Variable Transmission (CVT) ke roda depan, dengan pilihan empat mode berkendara.

Fitur keselamatan Xforce antara lain SRS airbag pengemudi, penumpang depan dan samping, rem ABS, Active Stability Control (ASC), Active Yaw Control (AYC), Blind Spot Warning (BSW), Hill Start Assist (HSA), Rear View Camera, Speed Sensing Door Lock, dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa