Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Intip Keunggulan Ban Mobil Listrik Hankook yang Baru Rilis, Kapan Mulai Dijual?

Wisnu Andebar - Sabtu, 4 November 2023 | 12:43 WIB
Hankook luncurkan ban khusus mobil listrik bernama iON
Dok. Hankook
Hankook luncurkan ban khusus mobil listrik bernama iON

GridOto.com - PT Hankook Tire Sales Indonesia resmi merilis tiga produk ban mobil terbaru di Indonesia, salah satunya dikhususkan untuk mobil listrik.

Ban mobil listrik Hankook yang diberi nama iON, disebut memiliki teknologi khusus yaitu ‘iON Innovative Technology’ untuk meningkatkan performa kendaraan listrik.

Teknologi tersebut meliputi i Sound Absorber (Kebisingan), i Super Mileage (Jarak Tempuh), i Perfect Grip (Cengkeraman), dan i Extreme Lightness (LRR).

Selain itu terdapat EVolution Technology fokus pada keausan tapak dan peningkatan daya cengkeram, serta Sound Absorber™ fokus untuk mengurangi kebisingan.

Ban ini tersedia dalam lima ukuran mulai 19 hingga 22 inci, lebar dari 235 hingga 285 mm, dengan rasio aspek dari 35 hingga 55, dan indeks kecepatan W hingga Y.

Saat ini, ban iON yang hadir di Indonesia terdiri dari dua pattern, yaitu iON evo dan iON evo SUV.

Yoonsoo Shin, President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia mengatakan, kendaraan listrik diketahui memiliki bobot yang lebih berat karena adanya baterai, sehingga dibutuhkan ban khusus yang dapat menopang beban dengan sesuai.

Teknologi yang digunakan terinspirasi dari Hankook iON Race yang menjadi ban resmi dalam kejuaraan balapan Formula E.

"iON evo juga memiliki resistansi gulungan rendah yang dibutuhkan setiap kendaraan listrik untuk meningkatkan efisiensi energi, dan memperpanjang jarak tempuh," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (3/11/2023).

Baca Juga: Idul Adha, Hankook Donasikan Dua Ton Hewan Kurban ke Warga Sekitar Pabrik

Selain itu, perusahaan ban asal Korea Selatan ini juga meluncurkan Ventus Prime 4, merupakan ban Ultra High Performance dengan teknologi High Mileage Compound (kompon dengan teknologi jarak tempuh tinggi).

Keunggulan ban ini menghasilkan kekakuan yang lebih baik pada blok tapak, sehingga hambatan gulir dan keausan juga lebih rendah.

Tiga produk ban terbaru dari Hankook resmi diluncurkan
Dok. Hankook
Tiga produk ban terbaru dari Hankook resmi diluncurkan


Berkat keausan yang lebih rendah, gaya berkendara jadi lebih terkendali, khususnya di jalanan yang basah.

Kompon ini meningkatkan kapasitas jarak tempuh hingga lima kali lebih tinggi, dan daya tahan ban lebih baik hingga 20 persen dibandingkan produk terdahulunya.

Ventus Prime 4 juga menawarkan pengurangan kebisingan berkat dinding ruang anechoic, yang memungkinkan pantulan suara dalam dinding diminimalkan secara signifikan dengan pelapisan bahan yang mudah menyerap.

Di Indonesia, ban ini tersedia dalam 30 ukuran mulai dari 16 hingga 19 inci, dengan lebar dari 185 hingga 245 mm, dengan rasio aspek dari 40 hingga 60, dan indeks kecepatan H hingga W.

Produk ketiga yang dirilis ialah Dynapro HPX, merupakan ban touring untuk segala musim dan kondisi jalan.

Berkat teknologi inovatif 3D Gripcontrol Sipes pada alur ban, Dynapro HPX memiliki kemampuan cengkeraman dan traksi yang unggul, sekalipun dalam cuaca buruk.

Teknologi Knurling efektif menekan kebisingan dengan mempersempit jalur masuknya udara saat kendaraan kontak langsung dengan jalanan, tanpa mengurangi kemampuan fitur dari alur tersebut.

Ban ini juga memiliki masa pakai yang lebih lama hingga 12 persen dibandingkan kompetitor lain di tipe yang sama, berkat fitur Smart Flex Compound, yang membantu area kontak ban lebih merata.

Ban ini tersedia dalam 16 ukuran mulai dari 17 hingga 20 inci, dengan lebar dari 205 hingga 265 mm, rasio aspek dari 45 hingga 65, dan indeks kecepatan H hingga V.

National Sales Manager PCR PT Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono menambahkan, bahwa lineup iON dan Ventus Prime akan hadir di Indonesia pada Desember 2023 mendatang.

Sementara, Dynapro HPX sudah tersedia di gerai sejak Oktober 2023.

"Para pelanggan bisa mendapatkan produk tersebut di Hankook Master di kota-kota di Indonesia, sekaligus mengkonsultasikan kendaraan mereka dengan tim," pungkasnya

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa