Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Solusi Kehabisan Saldo Kartu Tol Saat Tapping di GTO, Jangan Malah Mundurin Mobil

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 2 November 2023 | 15:05 WIB
Ilustrasi: Berikut 4 solusi kalau kehabisan saldo kartu tol saat mau melakukan pembayaran di GTO.
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Ilustrasi: Berikut 4 solusi kalau kehabisan saldo kartu tol saat mau melakukan pembayaran di GTO.

GridOto.com - Pemandangan pengemudi yang kehabisan saldo kartu uang elektronik saat tapping tol di Gardu Tol Otomatis (GTO) kerap kita jumpai.

Apabila kebetulan sobat GridOto.com mengalami kehabisan saldo kartu tol saat mau tapping di GTO, sebaiknya tidak panik dan jangan sampai memundurkan mobil.

Hal ini sesuai dengan imbauan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui akun Instagram @pupr_bpjt.

"Pernah mengalami saldo e-Toll kehabisan atau saldo kurang saat melakukan tapping di Gerbang Tol? Pasti bingung atau panik sih....Saran mimin, jangan panik.. calm. Tetap tenang dan jangan memundurkan kendaraan untuk keluar atau pindah dari gardu tol,” tulis akun tersebut, Senin (5/9/2022) lalu.

Untuk lebih jelasnya, berikut 4 solusi untuk mengantisipasi kendala kehabisan saldo kartu tol saat tapping di GTO.

1. Pengendara dapat menekan tombol bantuan yang terletak di gardu tempat pembayaran, berdekatan dengan tombol 'Cetak Struk'. Dengan menekan tombol tersebut, petugas akan datang membantu.

2. Pengendara dapat langsung meminta bantuan petugas di sekitar gerbang tol dan menjelaskan kepada petugas bahwa saldo kartu uang elektronik tidak mencukupi, lalu ikuti arahan petugas tersebut.

Mungkin kartu akan diisi ulang secara langsung atau juga diminta membayar secara tunai dan diarahkan untuk mengisi di rest area terdekat.

3. Pengendara dapat melakukan Top up saldo kartu uang elektronik dengan aplikasi mobile banking di ponsel sesuai bank provider yang digunakan.

Baca Juga: Kartu Tol Pemudik Jangan sampai Hilang, Dendanya Bisa Bikin Ngelus Dada Lho

4. Jika saldo kartu uang elektronik kurang, sobat dapat mengisi juga di rest area terdekat atau gerai minimarket yang tersedia.

Admin akun BPJT juga mengingatkan, ketika saldo tidak cukup di gerbang tol sistem transaksi tertutup, pengemudi jangan mengganti kartu yang berbeda dari saat masuk dan keluar karena dianggap menerobos, sehingga bisa dikenakan denda sebesar dua kali tarif terjauh di ruas yang sama.

“Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya juga dapat melakukan pengecekan saldo kartu tol dan tarif tol dari lokasi asal sampai dengan tujuan menggunakan aplikasi BPJT Info Tol yang dapat diunduh di smartphone masing-masing,” pungkasnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Badan Pengatur Jalan Tol (@pupr_bpjt)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa